Penetapan Strategi Pemasaran Dengan Analisis SWOT
Abstract
Metode penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teknik analisis SWOT membandingkan antara faktor eksternal Peluang (opportunities) dan Ancaman (threats) dengan faktor internal Kekuatan (strengths) dan Kelemahan (weaknesses). Ruang lingkup penelitian menitik beratkan mengenai permasalahan analisis SWOT guna merumuskan strartegi pemasaran yang tepat pada PT. BPR Syari’ah Tanmiya Artha Kediri. Data yang di kumpulkan di peroleh dengan cara interview, observasi, studi pustaka dan dokumentasi, data yang di peroleh selanjutnya di analisis dengan menggunakan analisis SWOT menggunakan rumus Matriks SWOT, Matriks Internal dan Eksternal. Dari hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa perusahan mempunyai kekuatan 1,45 dan kelemahan 1,35 serta peluang 1,83 dan ancaman 0,97 Maka dapat diketahui nilai kekuatan (Strength) berada di atas nilai kelemahan (Weaknes)s selisih positif (+) 0.10 dan nilai peluang (Opportunity) berada di atas nilai ancaman (Threat ) selisih positif (+) 0.86 hasil pengolahan data menunjukan bahwa perusahaan berada pada jalur yang tepat dengan terus melakukan strategi pertumbuhan (growth) yang dapat meningkatkan penjualan.