Pengaruh Harga Jual dan Biaya Promosi terhadap Volume Penjualan Roti Merk Pie Ganysha

  • Lie Lengkung Kusumawati Universitas Islam Kadiri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh harga jual terhadap volume penjualan, untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh biaya promosi terhadap volume penjualan, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara harga jual dan biaya promosi secara simultan terhadap volume penjualan, untuk mengetahui antara harga jual dan biaya promosi yang berpengaruh dominan terhadap volume penjualan di UD. Ganysha Bakery Kediri, Untuk mengetahui tujuan diatas maka dilakukan dengan wawancara pada pihak terkait dan juga melakukan pemeriksaan terhadap data terkait dengan penelitian. Jenis penelitian ini adalah penelitian  kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan alat  analisis regresi linear berganda, uji F dan uji t. Dari pembahasan hasil penelitian semua instrumen pertanyaan diperoleh persamaan Y = 6.716,614-32.026,806X1+11,606X2. Nilai R square 0,781 berarti besarnya kontribusi  variabel harga jual dan biaya promosi terhadap volume penjualan sebesar 78,1% dan sisanya 21,9% dipengaruhi variabel lain. Hasil uji F menunjukkan bahwa Fhitung  sebesar 5.360 satuan. Dan  hasil uji t menunjukkan bahwa variabel harga jual memiliki thitung sebesar -0,63 satuan dan variabel biaya promosi memiliki thitung sebesar 3.180 satuan.

Published
2016-09-30
How to Cite
KUSUMAWATI, Lie Lengkung. Pengaruh Harga Jual dan Biaya Promosi terhadap Volume Penjualan Roti Merk Pie Ganysha. JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan), [S.l.], v. 1, n. 3, p. 288-294, sep. 2016. ISSN 2656-0771. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/ManajemenKewirausahaan/article/view/252>. Date accessed: 07 jan. 2025.
Section
Artikel Ilmiah