Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap

  • Deby Santyo Rusandy Universitas Islam Kadiri

Abstract

Latar belakang penelitian adalah untuk mengetahui adakah pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap kepuasan pasien rawat inap di RSUD Dr. Iskak Tulungagung baik secara parsial maupun secara simultan. Populasi adalah pasien rawat inap di RSUD Dr. Iskak Tulungagung. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 130 pasien rawat inap menggunakan metode accidental sampling dengan pendekatan random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase dan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan uji t, pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap secara parsial diperoleh nilai 7,673, sedangkan pengaruh kepercayaan terhadap kepuasan pasien rawat inap secara parsial diperoleh nilai 6,973. Secara simultan pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap kepuasan pasien rawat inap berdasarkan uji F diperoleh nilai 75,138. Hal yang perlu ditingkatkan dari   aspek   jaminan   yang   dinilai   masih   kurang.   RSUD Iskak Tulungagung hendaknya menambah jumlah ruang rawat inap yang masih kurang dan memberikan pendidikan dan pelatihan secara berkala kepada perawat-perawat rumah sakit. Dari aspek indikator kemampuan, RSUD Dr. Iskak Tulungagung harus menyikapi dengan mengadakan ataupun menambah beberapa alat medis yang belum ada seperti alat cuci darah, alat cek darah dan cadangan darah.

Published
2016-09-30
How to Cite
RUSANDY, Deby Santyo. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap. JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan), [S.l.], v. 1, n. 3, p. 191-205, sep. 2016. ISSN 2656-0771. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/ManajemenKewirausahaan/article/view/244>. Date accessed: 09 mar. 2025.
Section
Artikel Ilmiah