Analisa Pelaksanaan Sales Strategy Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah

  • Mukhamad Rinda Rifa'i Universitas Islam Kadiri
  • Ustadus Sholihin Universitas Islam Kadiri

Abstract

Riset tentang Kekuatan, Kelemahan, Peluang, dan Ancaman, yang dimilki dan dialami oleh perusahaan merupakan hal yang sangat penting dalam mengetahui kondisi perusahaan yang sebenarnya. Atas dasar inilah peneliti ingin mengetahui bagaimana BRI Unit Pasar Pahing Kediri melakukan kegiatan pemasarannya (Sales Strategy-nya). Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan para Stakeholder dalam memutuskan suatu kebijakan kelangsungan hidup perusahaan. Hasil Analisa SWOT menunjukkan, kekuatan perusahaan berada pada Kuadran II (disarankan diversifikasi strategi). Melalui analisa SPSS dihasilkan, Sales Strategy berpengaruh signifikan pada peningkatan jumlah nasabah sebesar R = 0.732 atau 73.2%.

References

Anonim. 2000. BRI [Online], Tersedia: www.bri.co.id. [15 Februari 2015]
Anonim. 2013. Cross Selling http://www.wisegeek.com/what-is-cross-selling.htm. (Selasa,13/03/2015)
Arikunto, Suharsimi. 2005. Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta.
Baduara, dkk. 2004. Salesmanship Ilmu dan Seni menjadi penjual yang Sukses, Jakarta: Bumi Aksara.
Febrianto, N. S. 2009. Analisis Penerapan Salesmanship pada Salesman Freelance Onderdil Sepeda Motor di Daerah Malang, tidak dipublikasikan, Malang : Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Kasmir. 2011. Manajemen Perbankan. Jakarta:Erlangga.
Kotler, P., Armstrong, G. 2004. Dasar-dasar Pemasaran edisi kesembilan jilid2,Indeks, Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., Armstrong, G. 2006. Prinsip Pemasaran, edisi 12, jilid 1. Terjemahan oleh Sabran. 2006. Jakarta:Erlangga.
Lepdo P, Handoko. 2005. Teknik Analisis Manajemen. Malang: LAN.
Mabruroh & Deni. 2013. Analisis Implementasi Strategi Marketing MixTerhadap Penjualan Pada Produsen Furniture Terbesar di Ngawi. Universitas Muhammadiyah Surakarta (Maret).
Marwanto, Aris. 2015. Sales Sukses. Yogyakarta : KOBIS.
Maurisa, K. D. 2007. Analisis Faktor –faktor yang berpengaruh Terhadap Kompetensi Tenaga Penjual dan Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Kinerja Tenaga Penjual, Tidak dipublikasikan. Semarang: Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (2015). Manajemen Resiko, Surabaya: Sentra Pendidikan BRI Surabaya.
Purmawati, Anies. 2005. Penerapan Budget penjualan pada personal selling (salesman) sebagai cara untuk merencanakan peningkatan laba bersih perusahaan : studi kasus pada perusahaan Distribusi “Days Beauty” Surabaya, Tidak dipublikasikan, Malang: FIA Unibraw.
Rangkuti, Freddy. 2014. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
S.Utami, S.P. 2015. Rajai Aset Perbankan BRI Bakal Ekspansi Besar-besaran. Tribun News http://www.tribunnews.com/bisnis/2015/01/16/rajai-aset-perbankan-bri-bakalekspansi-besar-besaran (Rabu, 17/02/2015)
Silvia, Soemenap. 2005. Pengaruh berkarya sebagai SPG (Sales Promotion Girl) terhadap service oriented attitude: studi kasus pada 20 (dua puluh) Mahasiswi Universitas Kristen Petra, Surabaya. Tidak dipublikasikan, Surabaya: UK Petra Surabaya.
Sujana & Iswandi. 2008. Pengaruh Sales Promotion Terhadap Hasil Penjualan Studi Kasus pada PT. Ultrajaya Milk Industri. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan.
Sutojo, Siswanto. 2003. Salesmanship Keahlian Menjual Barang dan Jasa, Jakarta : PT Damar Mulia Pustaka.
Swastha, Basu. 2002. Pengantar Bisnis Modern. Yogyakarta: Liberty.
Swastha, Basu dan Irawan. 2006. Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta: Liberty.
Tiatira, D. T. 2006. Analisis Pengaruh Sistem Kontrol dan Sales Training terhadap Kinerja Tenaga Penjualan untuk Meningkatkan Efektivitas Penujualan Tidak dipublikasikan, Semarang: Universitas Diponegoro.
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Candra 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: ANDI.
Zuhdi, S & Syarif, R. 2013. Analisis Strategi Sosial Marketing Dalam Meningkatkan Volume Penjualan, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan Bogor (Maret)
Published
2016-01-29
How to Cite
RIFA'I, Mukhamad Rinda; SHOLIHIN, Ustadus. Analisa Pelaksanaan Sales Strategy Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah. JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 83-93, jan. 2016. ISSN 2656-0771. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/ManajemenKewirausahaan/article/view/231>. Date accessed: 27 dec. 2024.
Section
Artikel Ilmiah