Pengaruh Harga dan Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah harga dan strategi promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen pada perusahaan rokok Alaina Tulungagung dan menganalisis faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pada perusahaan rokok Alaina Tulungagung. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel yang digunakan Accidental Sampling, dimana jumlah sampel yang diambil sebanyak 60 orang konsumen rokok Alaina Tulungagung yang melakukan pembelian. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS versi 16,0. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa secara bersama-sama (simultan) harga dan strategi promosi mempunyai pengaruh sebesar R Square = 0,861 atau 86,1% terhadap keputusan pembelian sedangkan sisanya 13,9% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa variabel harga (X1) memiliki nilai koefisien tinggi jika dibandingkan dengan koefisien regresi variabel strategi promosi (X2) terhadap keputusan pembelian (Y), yaitu variabel harga (X1) sebesar 0,402 dan nilai t hitung 3,474 dimana nilai tersebut adalah yang paling besar dan paling tinggi dari variabel strategi promosi (X2).