Pengaruh Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Perusahaan: Studi Kasus UMKM Pendukung Wisata Kuliner di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

  • Kania Ratnasari Universitas Sahid
  • Levyda Levyda

Abstract

Analisis ini bertujuan untuk mengetahui orientasi kewirausahaan dan keberhasilan UMKM di Belitung, Bangka, dan untuk mengetahui apakah orientasi kewirausahaan berpengaruh terhadap kinerja UMKM tersebut. Asal mula penelitian ini adalah peserta UMKM dari Provinsi Bangka Belitung dan dipilih secara acak 32 peserta UMKM. Pendekatan yang digunakan adalah pengolahan data kuantitatif deskriptif. Faktor studi memberikan 2 (dua) metrik, yaitu jalur kewirausahaan dan efisiensi pasar. Indikator yang berorientasi pada kewirausahaan adalah kreativitas, pengambilan risiko, inisiatif, inovatif, bermusuhan, dan otonomi, sedangkan indikator keberhasilan adalah peningkatan pendapatan, daya saing, dan loyalitas konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator orientasi perusahaan berada pada peringkat kuat dengan nilai rata-rata maksimum pada indeks kepentingan strategis dan nilai rata-rata terendah pada indeks pengambilan risiko. Kemudian keberhasilan pasar vektor masuk dalam pita positif, dengan skor rata-rata tertinggi pada indikator "kebahagiaan pelanggan" dan skor rata-rata terendah pada indikator "kenaikan penjualan".


Kata Kunci: Orientasi kewirausahaan, Kinerja usaha, UMKM, Provinsi Bangka Belitung

Published
2021-05-30
How to Cite
RATNASARI, Kania; LEVYDA, Levyda. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Perusahaan: Studi Kasus UMKM Pendukung Wisata Kuliner di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. (JMK) Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 1-10, may 2021. ISSN 2656-0771. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/ManajemenKewirausahaan/article/view/1267>. Date accessed: 05 aug. 2021. doi: https://doi.org/10.32503/jmk.v6i2.1267.
Section
Artikel Ilmiah