Tantangan UMKM dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Ditinjau dari Aspek Marketing dan Accounting

  • Fauziyah Fauziyah Universitas Islam Kadiri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi UMKM di wilayah Kediri dengan adanya Revolusi Industri 4.0.  Permasalahan UMKM yang begitu kompleks akan berdampak pada perkembangan dan keberlanjutan usaha di era revolusi 4.0, sehingga mau tidak mau UMKM harus melek terhadap Teknologi Informasi yang akan merubah pola kerja dan pola pikir.  Penelitian difokuskan pada aspek Marketing dan Accounting, dari hasil survey diketahui bahwa sebagian besar UMKM di Kediri belum bisa dan belum mampu membuat laporan keuangan dengan benar dan permasalahan marketing yang masih lemah dimiliki oleh UMKM.  Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dimana peneliti mengetahui secara langsung kondisi UMKM dengan cara observasi, pengamatan dan wawancara.   Disamping itu peneliti menggunakan metode penerapan dengan membuat desain model sistem pemasaran e-commerce dan sistem laporan keuangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM di wilayah kediri belum seluruhnya siap dengan adanya perubahan di era revolusi 4.0.  utamanya dari aspek marketing dan accounting

Published
2020-06-01
How to Cite
FAUZIYAH, Fauziyah. Tantangan UMKM dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Ditinjau dari Aspek Marketing dan Accounting. JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan), [S.l.], v. 5, n. 2, p. 155-172, june 2020. ISSN 2656-0771. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/ManajemenKewirausahaan/article/view/1008>. Date accessed: 08 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.32503/jmk.v5i2.1008.
Section
Artikel Ilmiah