Expert System to Diagnose Computer Hardware Damage Using Artificial Neural Networks

Sistem Pakar Untuk Diagnosa Kerusakan Hardware Komputer Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan

  • Muhammad Miftakhul Arifin Universitas Islam Kadiri
  • Yudo Bismo Utomo Universitas Islam Kadiri

Abstract

Kerusakan hardware komputer terkadang menjadi masalah besar ketika user yang awam tidak mengetahui letak kerusakan hardware komputer mereka, maka dibutuhkan sistem yang mampu bekerja otomatis untuk memberikan solusi kerusakan hardware komputer. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah sistem yang dapat digunakan untuk menangani kerusakan hardware komputer. Pengguna aplikasi ini seolah-olah berhadapan langsung dengan pakar dibidang hardware khususnya komputer. Perencanaan sistem dilakukan dengan membuat knowledge base menggunakan aturan if-then sebagai representasi pengetahuan. Sistem dibuat dengan meenggunakan metode backpropagation dan menggunakan android studio sebagai IDE untuk mendesain interface sekaligus untuk membuat aplikasi sistem pakar ini. Hasil penelitian ini mengungkapka kerusakan hardware yang terjadi pada sebuah komputer serta solusi dari kerusakan tersebut. Pengujian aplikasi juga dilakukan untuk mengetahui akurasi dan fleksibilitas sistem. Hasil dari keseluruhan pengujian ini dapat disimpulkan bahwa program sudah cukup baik walaupun jenis kerusakan yang dihasilkan belum lengkap karena pada sistem ini mendeteksi 6 jenis hardware komputer secara umum, serta tingkat keakurasian dari aplikasi sistem pakar ini sebesar 80%, serta tingkat efisiensi sistem pakar sebesar 77,7 % dari pakar dan 82,03 % dari user.

References

[1] Sugiono, Prof.. 2016. Metode Penelitian (pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta, Bandung .

[2] Setyaputri, Khairina Eka. 2018. Analisis Metode Certainty Factor Pada Sistem Pakar Diagnosa Penyakit THT. Jurnal Teknik Elektro. Vol 10 No 1. Januari-Juni 2018.

[3] Subiyanto. 2013. Sistem Cerda. Semarang : Universitas Negeri Semarang.

[4] Jaya. H. Sabran, Idris, M. M.. Djawad. Y. A.. Ilham, A.. & Ahmar, A. S.. 2018. Kecerdasan Buatan. Makassar : Fakultas MIPA Universitas Negeri Makassar.

[5] Aji, Aryu Hanifah. 2018. Sistem Pakar Diagnosa Ibu Hamil Menggunakan Metode Certainty Factor (CF). Jurnal Pengembangan teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. Vol 2 No 5. Mei 2018
Published
2020-12-03
How to Cite
ARIFIN, Muhammad Miftakhul; UTOMO, Yudo Bismo. Expert System to Diagnose Computer Hardware Damage Using Artificial Neural Networks. JTECS : Jurnal Sistem Telekomunikasi Elektronika Sistem Kontrol Power Sistem dan Komputer, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 75 - 84, dec. 2020. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/JTECS/article/view/715>. Date accessed: 25 feb. 2021.
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times