Implementation of Steganalysis Technique Using Chi Square Attack Method on Android-Based JPEG Stego Image Format

Penerapan Teknik Steganalysis Menggunakan Metode Chi Square Attack Pada Stego Image Berformat JPEG Berbasis Android

  • dama yanti Universitas Islam Kadiri
  • Yudo Bismo Utomo Universitas Islam Kadiri
  • Halimahtus Mukminna Universitas Islam Kadiri

Abstract

Steganografi merupakan seni dalam menulis pesan rahasia untuk menyembunyikan informasi dengan cara meniyisipkan pesan pada suatu citra, sehingga tidak menutup kemungkinan steganografi dimanfaatkan untuk tujuan kriminal atau penyisipan file berbau pornografi.  Sedangkan steganalysis merupakan teknik untuk mendeteksi keberadaan pesan yang tersembunyi pada cover image.  Pada penelitian ini menggunakan teknik steganalysis dengan metode chi-square attack untuk mendeteksi keberadaan pesan secara statistik.  Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan teknik steganalysis dengan menggunakan metode chi-square attack untuk mendeteksi stego-image berformat JPEG dan mengetahui hasil analisa dari metode chi-square attack yang diterapkan pada aplikasi Android Studio. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode waterfall, yang terdiri dari tahap analisis kebutuhan, tahap desain, tahap implementasi, tahap verifikasi dan tahap pemeliharaan. Hasil teknik steganalysis dengan metode chi square attack, yaitu uji coba pertama menghasilkan nilai selisih pada ukuran kapasitas file sebesar 1 hingga 12 persen, yang membuktikan teknik dengan metode chi square attack dapat mengestimasi atau memperkirakan panjang pesan yang disisipi dalam suatu objek gambar.  Pada tahap uji gambar acak diperoleh hasil chi square 0,60021 yang berarti 60 persen peluang adanya pesan yang disisipkan dalam gambar dan sebesar 0,09999 ataupun sebesar 0,10001 yang berarti 9 persen atau terdapat 10 persen peluang adanya pesan yang disisipkan atau dapat diartikan gambar tersebut tidak disisipi suatu pesan atau data.

References

[1] Christy, Atika Sari, dkk. 2016. Penyembunyian Data Untuk Seluruh Ekstensi File Menggunakan Kriptografi Vernam Chiper dan Bit Shiffting. Jurnal of Applied Intelligent System. Vol 1. No 3. Oktober 2016.

[2] Dedy, Abdullah, dkk. 2016. Implementasi Algoritma Blowfish dan Metode Least Significant Bit Insertion Pada Video MP4. Jurnal Pseudocode. Vol 3. No 2. September 2016.

[3] Friski, Gatra Pamungkas, dkk. 2017. Implementasi Teknik Steganalisis Menggunakan Metode Improvement Difference Image Histogram Pada Steganografi LSB. Seminar Nasional Inovasi dan Aplikasi Teknologi Industri. ITN Malang. 4 Pebruari 2017.

[4] Muhamad, Fitra Syawal, dkk. 2016. Implementasi Teknik Steganografi Menggunakan Vigenere Cipher dan Metode LSB. Jurnal TICOM. Vol 4. No 3. Mei 2016.

[5] Munir, Rinaldi. 2016. Eksperimen Steganalisis Dengan Metode Visual Attack Pada Citra Hasil Stego Berformat GIF. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi. Yogyakarta. 6 Agustus 2016.
Published
2021-01-01
How to Cite
YANTI, dama; UTOMO, Yudo Bismo; MUKMINNA, Halimahtus. Implementation of Steganalysis Technique Using Chi Square Attack Method on Android-Based JPEG Stego Image Format. JTECS : Jurnal Sistem Telekomunikasi Elektronika Sistem Kontrol Power Sistem dan Komputer, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 51 - 58, jan. 2021. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/JTECS/article/view/661>. Date accessed: 01 mar. 2021.
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times