RSAL FM Ad Registration Chatbot Application Using Black-Box and White-Box Testing Methods

Aplikasi Chatbot Pendaftaran Iklan RSAL FM Menggunakan Metode Black-Box Dan White-Box Testing

  • Dicky Candra Zulkarnain Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Daniel Swanjaya Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Made Ayu Dusea Widya Dara Universitas Nusantara PGRI Kediri

Abstract

Radio Suara Anjuk Ladang (RSAL) FM merupakah stasiun radio pemerintah daerah Nganjuk, telah meraih banyak penghargaan, termasuk sebagai program siaran berjaringan terbaik oleh Pascasarjana Universitas Airlangga. Meskipun situs web resmi RSAL FM seringkali kurang lengkap dalam informasi, terutama terkait pendaftaran iklan radio, hal ini menyulitkan pengelolaan permintaan informasi. Solusi yang diusulkan adalah pengembangan chatbot dengan metode Pemrosesan Bahasa Alami (Natural Language Processing/NLP) untuk memberikan informasi yang tepat dan detail kepada pengguna sebelum mereka melakukan pemesanan iklan. Chatbot ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dalam mengelola pertanyaan dengan respons konsisten dan akurat, tersedia 24/7, dan meningkatkan aksesibilitas informasi RSAL FM. Pengujian Blackbox menunjukkan aplikasi dapat digunakan dengan baik, sementara pengujian Whitebox menunjukkan nilai yang konsisten untuk metrik Cyclomatic Complexity (8), Region (8), dan Independent Path (8). Hasil pengujian beta dengan pengurus RSAL FM dan pengguna, dengan jumlah 10 orang, hasil kuesioner menunjukkan bahwa sebagian besar responden dengan rata-rata keseluruhan hasil jawaban (87%) merasa chatbot efektif dalam membantu menangani masalah di RSAL FM.

References

[1] K. N. Nabila, D. Swanjaya, and R. A. Ramadhani, “Application of K-Means Clustering and Bargaining Zone Methods to Sales of Avocado Seeds,” JTECS J. Sist. Telekomun. Elektron. Sist. Kontrol Power Sist. dan Komput., vol. 3, no. 2, p. 141, 2023, doi: 10.32503/jtecs.v3i2.3794.

[2] E. A. Lisangan, “Natural Language Processing Dalam Memperoleh Informasi Akademik NATURAL LANGUAGE PROCESSING DALAM MEMPEROLEH INFORMASI AKADEMIK MAHASISWA,” J. Temat., vol. 1, no. March 2013, pp. 1–9, 2013.

[3] A. Y. Chandra, D. Kurniawan, and R. Musa, “Perancangan Chatbot Menggunakan Dialogflow Natural Language Processing (Studi Kasus: Sistem Pemesanan pada Coffee Shop),” J. Media Inform. Budidarma, vol. 4, no. 1, p. 208, 2020, doi: 10.30865/mib.v4i1.1505.

[4] M. Muliyono and S. Sumijan, “Identifikasi Chatbot dalam Meningkatkan Pelayanan Online Menggunakan Metode Natural Language Processing,” J. Inform. Ekon. Bisnis, vol. 3, pp. 142–147, 2021, doi: 10.37034/infeb.v3i4.102.

[5] “Komputasi Bahasa Alami - Fika Hastarita Rachman - Google Buku.” Accessed: Jan. 15, 2024. [Online].

[6] R. F. Siswiyanto, “The Master Book of Personal Branding - Google Books.” Accessed: Nov. 17, 2022. [Online].

[7] M. S. Rohman, “Location Based Service for improving Chabot Disaster Management Evacuator Palu,” J. Transform., vol. 18, no. 1, p. 114, 2020, doi: 10.26623/transformatika.v18i1.1890.

[8] M. T. Muhammad Arhami, S.Si., M.Kom., ‎Muhammad Nasir, S.T., “Data Mining : Algoritma dan Implementasi - Google Books.” Accessed: Nov. 17, 2022. [Online].

[9] “Membangun NFT Gallery berbasis Metaverse - Ariesto Hadi Sutopo - Google Buku.” Accessed: Jan. 15, 2024. [Online].

[10] “Konsep Teknologi Informasi - Google Books.” Accessed: Nov. 17, 2022. [Online].
Published
2024-08-13
How to Cite
ZULKARNAIN, Dicky Candra; SWANJAYA, Daniel; WIDYA DARA, Made Ayu Dusea. RSAL FM Ad Registration Chatbot Application Using Black-Box and White-Box Testing Methods. Jurnal Sistem Telekomunikasi Elektronika Sistem Kontrol Power Sistem dan Komputer, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 99-111, aug. 2024. ISSN 2776-6195. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/JTECS/article/view/5687>. Date accessed: 21 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.32503/jtecs.v4i2.5687.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.