Digital Interactive Comic “Virus Fighter”

Komik Interaktif Digital “Virus Fighter”

  • bernadhed Bernadhed Universitas Amikom Yogyakarta
  • Mulia Sulistiyono
  • Putri Abdi Negara Universitas AMIKOM Yogyakarta

Abstract

Virus terlebih khususnya COVID 19 menyebar melalui droplet atau kontak langsung dengan korban. Virus ini menyebabkan sesak napas dan hilangnya penciuman. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan menghindari kerumunan. Hal ini perlu disosialisasikan kepada masyarakat dengan bantuan teknologi yang mampu menghubungkan antar manusia tanpa harus bertemu langsung. Komik Interaktif akan menjadi media sosialisasi yang menarik dan dapat menyampaikan informasi secara detail. Hal ini dikarenakan komik dilengkapi dengan gambar yang dapat menambah minat pembaca dan gambar dapat menambah pesan serta imajinasi penulis lebih baik dari pada teks. Komik interaktif mempunyai fitur untuk berinteraksi dengan pengguna dengan tombol tambah, menganimasikan adegan untuk menonjolkan emosi, menyediakan efek dramatis atau mempercantik ilustrasi. Komik interaktif bertajuk Corona Fighter ini akan menceritakan kisah para profesor, dokter, dan pengemudi ambulans yang bekerja keras menangani virus corona. Komik ini bergenre fantasi sains. Meski dengan sentuhan fiksi, pesan utama yang disampaikan terkait COVID 19 tidak menutup kemungkinan

References

[1] World Health Organization, “World Health Organization. Coronavirus disease 2019 (COVID-19),” Situation Report, 32., vol. 2019, no. February. 2020.

[2] R. Pakpahan dan Y. Fitriani, “Analisa Pemafaatan Teknologi Informasi Dalam Pemeblajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19,” JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), vol. 4, no. 2, 2020.

[3] Freddy H. Istanto, “GAMBAR SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI VISUAL,” Nirmana, vol. 2, 2000.

[4] I. Winoto dan R. Y. Alamin, “Perancangan Komik Interaktif sebagai Media Edukasi untuk Mengantisipasi Orang dengan Demensia Alzheimer,” Jurnal Sains dan Seni ITS, vol. 8, no. 2, 2020, doi: 10.12962/j23373520.v8i2.46581.

[5] D. Y. P. Haryanti, “Insomnia Selama Pandemi COVID-19,” Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, vol. 12, no. 2, 2020, doi: 10.35816/jiskh.v12i2.483.

[6] P. W. Aditama dan P. S. W. Lesmana, “Implementasi komik interaktif cerita rakyat cupak grantang dengan bahasa isyarat berbasis mobile,” Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, vol. 9, no. 2, hlm. 243–252, 2020.

[7] Z. Tomaszewski, “Foundations of Interactive Narrative.”

[8] H. Hermansyah dan N. Dwiyani, “RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL,” Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), vol. 7, no. 1, 2019, doi: 10.24036/voteteknika.v7i1.103781.
Published
2024-01-31
How to Cite
BERNADHED, bernadhed; SULISTIYONO, Mulia; NEGARA, Putri Abdi. Digital Interactive Comic “Virus Fighterâ€. Jurnal Sistem Telekomunikasi Elektronika Sistem Kontrol Power Sistem dan Komputer, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 91-98, jan. 2024. ISSN 2776-6195. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/JTECS/article/view/4744>. Date accessed: 21 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.32503/jtecs.v4i1.4744.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.