Digital Interactive Comic “Virus Fighterâ€
Komik Interaktif Digital “Virus Fighterâ€
Abstract
Virus terlebih khususnya COVID 19 menyebar melalui droplet atau kontak langsung dengan korban. Virus ini menyebabkan sesak napas dan hilangnya penciuman. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan menghindari kerumunan. Hal ini perlu disosialisasikan kepada masyarakat dengan bantuan teknologi yang mampu menghubungkan antar manusia tanpa harus bertemu langsung. Komik Interaktif akan menjadi media sosialisasi yang menarik dan dapat menyampaikan informasi secara detail. Hal ini dikarenakan komik dilengkapi dengan gambar yang dapat menambah minat pembaca dan gambar dapat menambah pesan serta imajinasi penulis lebih baik dari pada teks. Komik interaktif mempunyai fitur untuk berinteraksi dengan pengguna dengan tombol tambah, menganimasikan adegan untuk menonjolkan emosi, menyediakan efek dramatis atau mempercantik ilustrasi. Komik interaktif bertajuk Corona Fighter ini akan menceritakan kisah para profesor, dokter, dan pengemudi ambulans yang bekerja keras menangani virus corona. Komik ini bergenre fantasi sains. Meski dengan sentuhan fiksi, pesan utama yang disampaikan terkait COVID 19 tidak menutup kemungkinan
References
[2] R. Pakpahan dan Y. Fitriani, “Analisa Pemafaatan Teknologi Informasi Dalam Pemeblajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19,†JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), vol. 4, no. 2, 2020.
[3] Freddy H. Istanto, “GAMBAR SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI VISUAL,†Nirmana, vol. 2, 2000.
[4] I. Winoto dan R. Y. Alamin, “Perancangan Komik Interaktif sebagai Media Edukasi untuk Mengantisipasi Orang dengan Demensia Alzheimer,†Jurnal Sains dan Seni ITS, vol. 8, no. 2, 2020, doi: 10.12962/j23373520.v8i2.46581.
[5] D. Y. P. Haryanti, “Insomnia Selama Pandemi COVID-19,†Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, vol. 12, no. 2, 2020, doi: 10.35816/jiskh.v12i2.483.
[6] P. W. Aditama dan P. S. W. Lesmana, “Implementasi komik interaktif cerita rakyat cupak grantang dengan bahasa isyarat berbasis mobile,†Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, vol. 9, no. 2, hlm. 243–252, 2020.
[7] Z. Tomaszewski, “Foundations of Interactive Narrative.â€
[8] H. Hermansyah dan N. Dwiyani, “RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL,†Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), vol. 7, no. 1, 2019, doi: 10.24036/voteteknika.v7i1.103781.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.