Segmentation of Avocado Seed Buyers Using K-Means Clustering
Segmentasi Pembeli Bibit Alpokat Menggunakan K-Means Clustering
Abstract
Pesantren Al-Fukaat menerapkan penjualan secara ecer dan grosir dalam melakukan penjualan bibit alpokat. Pesantren Al-Fukaat dalam memasarkan bibit alpokat masih belum merata pada daerah pemasaran yaitu Jawa dan Bali serta kurang tepatnya target pembeli berdasarkan kondisi wilayah yang cocok untuk penanaman bibit alpokat sehingga penjualan belum maksimal sehingga masih ada jenis bibit dengan penjualan yang sangat sedikit. Dalam mengatasi permassalahan tersebut dilakukan penelitian menggunakan metode K-Means Clustering utuk mendapatkan hasil segmentasi pembeli pada Pesantren Al-Fukaat. Keberhasilan dalam penelitian berpacu pada hasil SSE (Sum of Squared Error). Dengan didapatkan hasil akhir SSE yaitu 39,7852 aplikasi dapat digunakan karena mampu memperoleh hasil SSE yang lebih rendah.
References
[2] P. H. Suharti, A. S. Suryandari, and R. N. Amalia, “Analisis Kinerja Modul Pengendali Tekanan Udara Pct-14 Berbasis Plc Dengan Berbagai Metoda Tuning,†Sebatik, vol. 26, no. 2, pp. 420–427, 2022, doi: 10.46984/sebatik.v26i2.2134.
[3] A. Sumeke, S. L. H V Joyce Lapian, and S. S. . Loindong, “Analisis Segmentasi Demografi Dan Psikografi Pada Toko Raps,†J. EMBA, vol. 10, no. 1, pp. 202–207, 2022, [Online]. Available: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/37680
[4] Suryadi Muzahidi Aziz and Nur Azizah Komara Rifai, “Pengelompokkan Ekspor Kopi Menurut Negara Tujuan Menggunakan Metode K-Means Clustering dengan Silhouette Coefficient,†Bandung Conf. Ser. Stat., vol. 2, no. 2, pp. 416–424, 2022, doi: 10.29313/bcss.v2i2.4536.
[5] A. Pradana, A. Sopiyan, T. A. Pratama, and A. Yusuf, “Analisis strategi pemasaran gopay berupa segmentasi, targeting, dan positioning serta pengaruhnya terhadap keputusan pembelian,†Online) J. Manaj., vol. 14, no. 3, pp. 2022–551, 2022, doi: 10.29264/jmmn.v14i3.11443.
[6] A. Karami and Y. Widharto, “PERANCANGAN BUSINESS INTELLIGENCE DAN SEGMENTASI PELANGGAN MENGGUNAKAN K MEANS CLUSTERING BERDASARKAN RFM MODELâ€.
[7] N. Mirantika, T. S. Syamfithriani, and R. Trisudarmo, “Implementasi Algoritma K-Medoids Clustering Untuk Menentukan Segmentasi Pelanggan,†J. Nuansa Inform., vol. 17, pp. 2614–5405, 2023, [Online]. Available: https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilkom
[8] S. O. Hayati, “Analisis Segmentasi Pasar Terhadap Volume Penjualan Melalui Keputusan Pembelian:(Survei Pada Toko Youth Sneakers),†J-CEKI J. Cendekia Ilm., vol. 1, no. 5, pp. 614–622, 2022, [Online]. Available: http://ulilalbabinstitute.com/index.php/J-CEKI/article/view/761
[9] J. Maraja et al., “Penerapan Metode Clustering Dalam Menentukan Persentase Penyakit Pada Pasien Dengan Menggunakan Algoritma K-Means Pada Puskesmas,†no. x, 2020.
[10] V.A.R.Barao, R.C.Coata, J.A.Shibli, M.Bertolini, and J.G.S.Souza, “No 主観的å¥åº·æ„Ÿã‚’ä¸å¿ƒã¨ã—ãŸåœ¨å®…高齢者ã«ãŠã‘ã‚‹ å¥åº·é–¢é€£æŒ‡æ¨™ã«é–¢ã™ã‚‹å…±åˆ†æ•£æ§‹é€ 分æžTitle,†Braz Dent J., vol. 33, no. 1, pp. 1–12, 2022.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.