Kajian Pemanfaatan Hasil Perikanan Melalui Pembinaan Dinas Perikanan Kabupaten Tulungagung Kepada Kelompok Pembudidaya Ikan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kajian pemanfaatan hasil perikanan melalui pembinaan Dinas Perikanan Kabupaten Tulungagung kepada kelompok pembudidaya ikan. Fokus utama penelitian adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembinaan, keterlibatan pembudidaya ikan terhadap pembinaan dan dampak dari pembinaan yang diberikan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan melakukan wawancara, observasi, dan analisis sumber data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan yang diberikan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Tulungagung berdampak positif bagi pembudidaya ikan yang ditunjukkan dengan peningkatan yang signifikan dalam kualitas dan kuantitas hasil budidaya ikan. Dengan menerapkan teknik-teknik baru yang diajarkan selama pembinaan seperti manajemen kualitas air, penggunaan pakan yang lebih efisien, dan pencegahan penyakit, pembudidaya kini mampu meningkatkan produktivitas budidaya mereka secara keseluruhan. Penelitian ini memberikan gambaran komprehensif tentang kajian pemanfaatan hasil perikanan melalui pembinaan Dinas Perikanan yang efektif dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil budidaya ikan
References
Djoko Muljono, Buku Pintar Strategi Bisnis Koperasi Simpan Pinjam (Yogyakarta: Andi, 2012)
Doni Setianto, Usaha Budidaya Ikan Kerapu.(Yogyakarta: Pustaka Baru Pres, 2012),
Fiya Fajriya Riska, Mimit Primyastanto, Zainal Abidin, “Strategi Pengembangan Usaha Budidaya Ikan Lele (Clarias Sp.) Pada Usaha Perseorangan “Toni Makmur†Dikawasan Agropolitan Desa Kauman Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang Jawa Timur“, Jurnal ECSOFiM: Vol. 3 No. 1, 2015
Henry simamora, Manajemen Pemasaran Internasional. (Jakarta: Salemba Empat 2000)
Isaa Al Mighfari, Model Bisnis Kemitraan Budidaya Ikan Lele Burma (Clarias Gariepinus) Untuk Menghasilkan Usaha Yang Berkelanjutan, Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, (2016) Vol. 5, No. 3
Lina Syarafina, “Strategi Pemasaran Usaha Ikan Lele Di Desa Alur Cucur Kecamatan Rantau Kabupaten Aceh Tamiang
Muhammad, Syafi’i Antonio, Bank Syari’ah dari teori ke praktek, (Jakarta:Gema Insani,2001)
Philip Kotler dan Gary Armstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran. terj. Bob Sabran, ( Jakarta: Erlangga 2008),
Sofjan Assauri, Strategic Marketing: Sustaining Lifetime Customer Value, (Jakarta: Rajawali Pers, 2013)
Sondang P. Siagian, Manajemen Stratejik (Jakarta : Bumi Aksara.2012)
Subandriyo, Pengaruh Kebijakan Pemerintah Terhadap Petani Kakao di Kabupaten Jayapura, (Yogyakarta: CV Budi Utama, 2016)
Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif, 2019
Syafrizal, Ekonomi Regional (Jakarta: Niaga Swadaya, 2008
Tribani, Analisis sistem pemasaran ikan patin segar Desa Koto Mesjid ke daerah tujuan pemasaran, ( Jurnal Dinamika Pertanian Vol. 30. No. 3 2015 )
Yusuff Bahtiar, Buku Pintar Budidaya dan Bisnis Gurami, (Jakarta : PT Agro media pustaka, 2010)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0