Pengaruh Kualitas Sdm Dan Budaya Organisasi Terhadap Peningkatan Pelayanan UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno

  • Tanwir Tanwir Magister Manajemen, Universitas Islam Kadiri
  • Nisa Mutiara Magister Manajemen, Universitas Islam Kadiri

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan di Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan Proklamator Bung Karno dengan membagikan kuesioner penelitian ke 75 ASN sebagai responden, alat untuk menganalisis data yaitu SPSS. Hasil pengolahan data membuktikan bahwa indikator variabel telah memenuhi uji validitas dan reliabilitas. Variabel kualitas SDM dan budaya organisasi memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan kualitas pelayanan. Hasil pengolahan data membuktikan bahwa indikator variabel telah emenuhi uji validitas dan reliabilitas. Variabel kualitas SDM dan budaya organisasi memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan kualitas pelayanan.

References

Andre, R., 2008, Organizational Behavior, Budaya Organisasi. Jakarta, Kencana Prenada Media. Group
Anas Sudijono. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press
Azis dkk, 2023, Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Organisasi, Jurnal Managemen Bisnis dan Organisasi.
Arikunto, Suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Azuar Juliandi, Irfan dan Saprinal Manurung. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis: Konsep dan Aplikasi. Medan: UMSU PRESS
Asbari, M., Novitasari, D., Silitonga, N., Sutardi, D., & Gazali, G. (2020). Mempertahankan Kinerja Karyawan di Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus
Amri, Sofyan. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum. 2013. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.
Basuki, Sulistyo. (2015). Metode Penelitian. Jakarta : Wedatama Widya Sastra
Burhan Nurgiyantoro dkk. 2004. Statistik Terapan untuk Penelitian Ilmu-ilmu. Sosial. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press
Djarot Saiful Hidajat, IL Kisdarjono, M. Taufik, Ichwanto, Pratigno Yitno Sutomo, Hery Setyobudi, Mujianto, Eko Subagyo, Budy Santoso, Hartono, Hendriyanto, 2010, Perpustakaan Kepresidenan Bung Karno. : Gagasan Yang Melandasi, UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno, Blitar.
Fathoni dkk, 2022, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Perpustakaan Di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Jurnal Ilmiah Keuangan Akuntansi Bisnis
Hans Van Miert, 2003, Dengan semangat berkobar Nasionalisme dan Gerakan Pemuda di Indonesia 1918-1930, Hasta Mitra, Jakarta.
Hutapea, Parulian dan Nurianna. Thoha, 2008, Metode Penelitian, Kompetensi Plus. Jakarta, Jakarta
Ghozali, Imam, 2018, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Indoensia. Peraturan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2020 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan Proklamator Bung Karno, Jakarta, Perpustakaan Nasional RI, 2020.
Indonesia. Undang-Undang Nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan. Jakarta Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, 2007
Indoensia, Undang.Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2023 Tentang Aparatur Sipil Negara, Kementeri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, 2023, Jakarta,
Ita Hartati, 2020, Strategi Pembangunan Sdm Kementerian Keuangan Republik Indonesia Dalam Menghadapi Tantangan Era Disrupsi 4.0, Jurnal BPPK Vol. 13 No. 1.
James L. Gibson etl, 1988, Organisasi: Perilaku, Struktur, Proses. Erlangga, Jakarta.
Kreitner, Robert dan Angelo Kinicki. (2005). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
Khairan Muhammad Arif, 2021, Strategi Membangun Sdm Yang Kompetitif, Berkarakter Dan Unggul Menghadapi Era Disrupsi, Universitas Islam Negeri, Jakarta.

M. Dawam Rahardjo, 2010, Jurnal Akuntansi Pemerintah, Volume 2,. Nomor 1 (hlm 1-17). Intelektual, Intelegasi, dan Perilaku Politik dan Bangsa. Bandung
Mislan Sihite, 2018, Staregi Membangun Sumber Daya Manusiayang Berdaya Saing Tinggi Ekonomi Ilmu Manajemen, Universitas Methodist Indonesia, Medan.
Nawawi, H, 2001, Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Keempat,. Penerbit Gajah Mada University, Press Yogyakarta
Peter Salim dan Yenny Salim, 2002, Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer, Modern English Press, Jakarta.
Radiya Wira Buwana. Sistem Pelayanan Close Access, Pemeliharaan, Dan Perawatan Koleksi Pada Layanan Koleksi Tandon Di Perpustakaan, LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan 3 (1), 66-77, 2015
Robbins, S. P., and Timothy A. J. 2015. Perilaku Organisasi Buku 1, Edisi 12. Salemba, Jakarta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan, Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Sardiman
Sulistyo Basuki, 2018, Kamus Perpustakaan Dan Informasi, Sagung Seto, Jakarta.
Sofyan, 2013, Managemen Sumber Daya Manusia (MSDM). STAIN Jember Press. Jember
W Wardani, K Karsiwan, A Purwasih, A Lisdiana, W Hammer. DEDIKASI: Jurnal WSEAS TRANSACTIONS on ENVIRONMENT and DEVELOPMENT 19, 551-557, 2023. 3, 2023.
Yani, A. (2017). Pengaruh Partisipasi Anggaran, Budaya Organisasi Dan Job Relevant Information Terhadap Kinerja Manajerial Pada Pemerintah Kabupaten Tulungagung. Cendekia Akuntansi, Vol. 5(No. 1), 2338–3593.
Published
2024-11-25
How to Cite
TANWIR, Tanwir; MUTIARA, Nisa. Pengaruh Kualitas Sdm Dan Budaya Organisasi Terhadap Peningkatan Pelayanan UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno. Otonomi, [S.l.], v. 24, n. 2, p. 326-337, nov. 2024. ISSN 2657-1684. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/otonomi/article/view/6300>. Date accessed: 21 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.32503/otonomi.v24i2.6300.
Section
Articles