Pengaruh Kualitas Layanan Dan Promosi Digital Terhadap Kepuasan Serta Loyalitas Pemustaka

  • Mohamad Yanuar Hafidz Magister Manajemen, Universitas Islam Kadiri
  • Imam Baehaqi Magister Manajemen, Universitas Islam Kadiri

Abstract

Layanan perpustakaan mendapat sebuah tempat tersendiri dalam undang-undang, hal ini dikarenakan layanan perpustakaan merupakan tugas utama tujuan dari terbentuknya sebuah perpustakaan. Perpustakaan juga harus beradaptasi dan mengikuti perkembangan teknologi, salah satunya dengan penggunaan media sosial sebagai sarana komunikasi antara perpustakaan dan pemustaka. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh antara kualitas layanan dan promosi digital terhadap loyalitas pemustaka melalui mediasi kepuasan pemustaka. Penelitian ini dilakukan di Perpustakaan Proklamator Bung Karno yang berlokasi di Blitar, Jawa timur, pada 2024. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pemustaka adalah signifikan; (2) pengaruh promosi digital terhadap kepuasan pemustaka adalah signifikan; (3) pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas pemustaka tidak signifikan; (4) pengaruh promosi digital terhadap loyalitas pemustaka adalah signifikan; (5) pengaruh kepuasan pemustaka terhadap loyalitas pemustaka signifikan; (6) pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas pemustaka melalui mediasi kepuasan pemustaka adalah signifikan; (7) pengaruh promosi digital terhadap loyalitas pemustaka melalui mediasi kepuasan pemustaka adalah signifikan.

References

Ahmad Mardalis. Meraih Loyalitas Pelanggan. Jurnal Manajemen dan Bisnis. 2005, vol. 9 (2): 111-119.
Andi Pandita, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pemustaka Di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Makassar, Skripsi. Makasar: Fakultas Adab dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar, 2017.
Anton Risparyanto. Pengaruh Kualitas Layanan Pustakawan Terhadap Loyalitas Pemustaka Dengan Variabel Intervening Kepuasan Pemustaka. Jurnal Perpustakaan UNILIB UII Vol. 8 No.1 Tahun 2017.
Bahrun Kirom. Mengukur Kinerja Pelayanan dan Kepuasan Konsumen. Bandung: Pustaka Rika Cipta. 2009.
Bilson Simamora. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum. 2001
Chaffey, D., & Smith, P. R. Digital Marketing Excellence: Planning, Optimizing and Integrating Online Marketing (5th ed.). (2017). Routledge. Diakses pada 29 Januari 2024
Cullen, K. L., Edwards, B. D., Casper, W. C., & Gue, K. R. Employees Adaptability and Perceptions of Change-Related Uncertainty: Implications for Perceived Organizational Support, Job Satisfaction, and Performance. Journal of Business and Psychology, 29(2). (2014).
Hornby, A.S. Oxford Advanced Learner’s Dictionary of Current English. New York: Oxford University Press, 2000.
Hurriyati, R. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta. 2005.
Irawan, H. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. 2003.
Jasfar, F. Teori dan Aplikasi 9 Kunci Sukses keberhasilan Bisnis Jasa SDM, Inovasi, dan Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Salemba Empat. 2012.
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks. 2016
Lasa. Kamus Kepustakawanan Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher. 2009.
Ma'ruf Abdullah. Metodelogi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja. Pressindo. 2015.
Marguna, A.M. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pemustaka di UPT Perpustakaan Universitas Hasanuddin”, Tesis. 2013. Dari http://repository.unhas.ac.id:4001/digilib/ gdl.php?
Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing. Diakses pada 29 Januari 2024.
Purwana, D., Aditya, S., & Rahmi, R. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. (2017).
Ridwan. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung : Alfabeta. 2005.
Sugiyono. Metode Penelitian Manajemen. Bandung : Alvabeta. 2017.
Tulus Haryono. Kriteria Pelayanan Perpustakaan. Jurnal Perpustakaan Pertanian (7)1. 1998.
Yani, A., & Munir, M. (2021). Experential Marketing dan Customer Relationship Management Dalam Mempengaruhi Loyalitas Pengguna Jasa Resort Pada Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 13(2), 428. https://doi.org/10.23887/jjpe.v13i2.39326
Published
2024-11-25
How to Cite
HAFIDZ, Mohamad Yanuar; BAEHAQI, Imam. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Promosi Digital Terhadap Kepuasan Serta Loyalitas Pemustaka. Otonomi, [S.l.], v. 24, n. 2, p. 299-309, nov. 2024. ISSN 2657-1684. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/otonomi/article/view/6297>. Date accessed: 21 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.32503/otonomi.v24i2.6297.
Section
Articles