Pengaruh Green Product Knowledge, Green Packaging Dan Perceived Price Terhadap Green Purchase Intention Konsumen Amdk Merek Mas (Studi Konsumen Pada PT. Sembilan Pilar Utama Bengkulu di Kota Bengkulu)

  • Andika Hendrian Alfarisi Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH Bengkulu
  • Syofian syofian Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH Bengkulu
  • Veny Puspita Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH Bengkulu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh green product knowledge, green packaging dan perceived price terhadap green purchase intention konsumen AMDK merek MAS di Kota Bengkulu. Populasi dalam penelitian ini adalah 110. Sampel penelitian ini adalah 110. Pada penelitian ini teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik accidental sampling. Metode analisis penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan alat analisis regresi linier berganda, korelasi berganda, koefisien determinasi berganda, uji t dan uji F yang diolah dengan menggunakan software IBM SPSS 21. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara parsial, green product knowledge, green packaging dan perceived price berpengaruh terhadap green purchase intention. Secara simultan, green product knowledge, green packaging dan perceived price berpengaruh terhadap green purchase intention pada konsumen AMDK merek MAS di Kota Bengkulu

References

Amalia, N., & Deliana, Y. (2021). Hubungan Pengetahuan Terhadap Perilaku Penggunaan Green Packaging Di Masyarakat Kota Bandung, Jawa Barat. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 7(1), 38. https://doi.org/10.25157/ma.v7i1.3864
Ardiansyah. (2023). Pengaruh Green Product Knowledge Terhadap Purchase Intention Melalui Green Trust Dan Green Atittude. Jurnal Ekonomi STIEP, 8(2), 172–182. https://doi.org/10.54526/jes.v8i2.214
Arianty, N., & Ariska, D. (2023). Peran Mediasi Green Packaging: Green Promotion terhadap Repurchase Intention. Jesya, 6(2), 1675–1695. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i2.1249
Arifin, S. (2022). Pengaruh Halal Green Packaging, Green Halal Product, Halal Green Perceived Value Terhadap Green Purchase Intention. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(02), 1411–1424.
Avriani, N. F. (2022). Green Marketing: Pengertian, Tujuan, Komponen dan Manfaatnya. Diambil 16 Juni 2024, dari https : // lindungihutan. com / blog / green - marketing /
Dewi, R. R., & Kristiyana, N. (2021). Pengaruh Perceived Quality, Perceived Price Dan Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Purchase Intention (Survei Pada Konsumen Mobil Second Prabu Motor Ponorogo). Jurnal Administrasi Bisnis Fisipol Unmul, 9(4), 302. https : // doi. org / 10. 54144 / jadbis. v9i4.6392
Diash, F. A., & Syarifah, D. (2021). Pengaruh Environmental Knowledge dan Environmental Concern terhadap Green Purchase Intention pada Generasi Milenial. Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental (BRPKM), 1(1), 551–559. https://doi.org/10.20473/brpkm.v1i1.26747
Fitriani, A. (2022). Pengaruh Green Product Knowledge Dan Green Perceived Risk Terhadap Minat Beli Yang Dimediasi Oleh Green Trust (Studi Kasus pada Air Mineral Galon Le Minerale). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Ghozali, I. (2023). Aplikasi Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Diponogoro.
Hair, F. J., William, B. C., Barri, B. J., & Rolph, A. E. (2023). Multivariate Data Analisis. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Hanjani, A. G., & Widodo, A. (2019). Minat Beli Konsumen: Dampak Green Brand dan Green Knowledge pada Perusahaan Nestle Indonesia. Journal of Secretary and Business Administration, 3(1), 39. https://doi.org/10.31104/jsab.v3i1.90
Hartono, W., & Kusuma, M. (2020). Pengaruh Beban Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Pada PT. Sembilan Pilar Utama). EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 8(2), 205–214. https : //doi.org/10.37676/ekombis.v8i2.1094
Hidayat, S. (2020). Pengaruh Green Advertising, Green Packaging Dan Green Perceived Value Terhadap Repurchase Intention (Studi Pada Konsumen AMDK Merek Ades di Kab. Kebumen). Universitas Putra Bangsa Kebumen.
Irawan, R., Istiatin, & Pawenang, S. (2022). Kinerja Pemasaran Ditinjau Dari Keunggulan Bersaing, Orientasi Pasar Dan Kewirausahaan (Studi Pada Sentra Industri Shuttlecock Kabupaten Sukoharjo). Edunomika, 06(01), 465–474.
Khairunnisa, W. (2021). Pengaruh Green Product, Green Advertising, Dan Green Packaging Terhadap Keputusan Pembelian Produk Love Beauty And Planet. Universitas Lampung.
Kirana, C. (2023). Pengaruh Ecoliteracy Dalam Memoderasi Hubungan Green Product Knowledge Terhadap Minat Beli Green Product (Studi Pada Mahasiswa FEBI UIN RIL). Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Kurniawan, I. (2018). Analisis Pengaruh Merek, Persepsi Harga dan Daya Tarik Iklan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Galon Merek Barokatul Al-Qodiri. Universitas Jember.
Mahendra, F. ., & Nugraha, A. N. K. . (2021). Green Marketing dan CSR Terhadap Keputusan Pembelian dengan Pengetahuan Konsumen Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora, 5(1), 28–38. https://doi.org/10.23887/jppsh.v5i1.33141
Muflihah, N. O., Susanto, H., & Fitrianti, D. (2023). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi, Dan Desain Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen AMDK Merek ADES. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan (JIMKES), 11(2), 353–362. https: // doi. Org / 10. 37641 / jimkes. v11i2. 2035
Mulyan, S. R., & Duhan, P. (2019). Green Consumerism: Perspective, Sustainability, and Behaviour. United States of America: Apple Academic Pres.
Palelu, G. R. D., Tumbuan, A. F. J. W., & Jorie, J. R. (2022). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kamsia Boba Di Kota Lawang. Emba, 10(1), 68–77.
Peattie, K. (2020). Green Marketing: Challenger and Opportunities for the New Marketing Age. london: NTC Business Books.
Pongrante, E. M. (2020). Pengaruh Green Marketing Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Konsumen Love Beauty and Planet di Store Watsons Mall PVJ Kota Bandung). Universitas Komputer Indonesia Bandung.
Prameswari, A., Atika, & Harahap, I. M. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Green product (Studi Kasus Pada Produk Love Beauty And Planet di Kota Medan). Edunomika, 08(01), 1–17.
Priambudi, N. A., & Deliana, Y. (2021). Hubungan Pengetahuan Dengan Perilaku Penggunaan Green Packaging Di Masyarakat Dki Jakarta. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 7(1), 49. https://doi.org/10.25157/ma.v7i1.3865
Puspita, V. (2019). Pengaruh Pengembangan Produk Usaha, Keragaman Produk Ekonomi Kreatif Dan Etika Pelaku Usaha Pariwisata Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Objek Wisata Di Kota Bengkulu. Creative Research Management Journal (CRMJ), 2(1), 11–24.
Putra, R. (2021). Determinasi Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(4), 516–524. https: // doi. Org / 10. 31933 / jemsi. v2i4.461
Rakhmawati, D., Puspaningrum, A., & Hadiwidjojo, D. (2019). Hubungan Green Percieved Value, Green Brand Image, Dan Green Trust Terhadap Green Purchase Intention. Iqtishoduna Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 15(1), 1–12.
Riptiono, S., & Yuntafi’ah, L. (2021). Attitude Toward Green Product Sebagai Pemediasi Antara Environmental Concern, Green Brand Knowledge Dan Green Purchase Intention. Jurnal Ekonomi Dan Teknik Informatika, 9(2), 51–61.
Rohmatulah. (2020). Pengaruh Green Product, Green Advertising Dan Green Brand Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Surakarta Konsumen Air minum Dalam Kemasan). Institut Agama Islam Negeri Surakarta.
Sanita, S., Kusniawati, A., & Lestari, M. N. (2019). Pengaruh Product Knowledge dan Brand Image terhadap Purchase Intention (Penelitian pada PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis). Business Management and Entrepreneurship Journal, 1(3), 169–184.
Setyabudi, W. A., & Adialita, T. (2020). Pengaruh Green Product Knowledge, Green Trust Dan Perceived Price Terhadap Green Purchase Intention Konsumen Amdk Merek Aqua Dengan Botol 100% Recycled. Jurnal Administrasi Bisnis, 16(2), 174–184. https : // doi. org / 10. 26593 / jab. v16i2. 4261. 174 – 184
Silalahi, V. R., & Kosasi, J. M. (2024). Analisis Pengaruh Penerapan Green Marketing , Environmnetal Concern , Dan Environmental Knowledge Terhadap Green Purchase Intention Pada Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK ). Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis Universitas Multi Data Palembang, 13(2), 410–430.
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susilawati, E., Prastiwi, E. H., & Kartika, Y. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Diskon, dan Customer Experience terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Fashion Shopee. JAMIN : Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis, 5(1), 1. https: // doi. Org / 10. 47201 / jamin. v5i1. 131
Wahyuningsih, Y., Pratisti, C., De Yusa, V., & Paramitasari, N. (2022). Perspektif Green Packaging dan Green Advertising Dalam Mengkonsumsi AMDK. Prosiding Seminar Nasional Darmajaya, 1(69), 62–68.
Wulandari, R., & Miswanto. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Green Product. EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan), 6(2), 224 – 242. https : // doi. org / 10. 24034 / j25485024. y2022. v6. i2. 5139
Published
2024-10-29
How to Cite
ALFARISI, Andika Hendrian; SYOFIAN, Syofian; PUSPITA, Veny. Pengaruh Green Product Knowledge, Green Packaging Dan Perceived Price Terhadap Green Purchase Intention Konsumen Amdk Merek Mas (Studi Konsumen Pada PT. Sembilan Pilar Utama Bengkulu di Kota Bengkulu). Otonomi, [S.l.], v. 24, n. 2, p. 202-210, oct. 2024. ISSN 2657-1684. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/otonomi/article/view/5744>. Date accessed: 21 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.32503/otonomi.v24i2.5744.
Section
Articles