Pengaruh Aplikasi Dapodik Dan Tunjangan Profesi Guru Terhadap Kinerja Pendidik Sekolah Menengah Pertama (SMP) Di Kabupaten Tulungagung

  • Rano Yuwitoro Magister Manajemen, Pascasarjana Universitas Islam Kadiri
  • Debby Satyo Rusandy Magister Manajemen, Universitas Islam Kadiri

Abstract

This research aims to: Analyzing the simultaneous significant influence of the Dapodik aplication and the teacher professional allowance and aducators performance ; analyzing the impact of the Dapodik aplication on educators performance ; analyzing the impact of the teacher professional allowence on aducators performance and determining the dominant influence betwen the Dapodik plication and profesional allowence on aducators performance ;This research uses Descriptive Quantitative. the population in this research is in the population consict of middle school (SMP) educators in Tulungagung regency totaly 450 individuals. The research sample comprises 10% of the population,, wich is 45 individulas The technique is a method of data collection now. In this study, researchers used the software (software), Microsoft Office Excel 2007 to carry out a descriptive and statistical analysis software (software) Statistical Package for Social Sciences (SPSS) for Windows version 21.0 to carry out the test, test the classical, hypothesis testing and  multiple linear regression analysis, , The research findings indicate a significant dapodic application and teacher proffecional allowence on educators performance, meanwhile the most dominant influencingvariable is the teacher proffecionals allowence

References

Anas, Z & Supriyatna, A. 2015.Hitam Putih Kurikulum. Jakarta : Amp Pers
Arifah, I., 2018, Pengaruh Tunjangan Profesi dan Kompetensi Guru terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Ciruas. Jurnal Pendidikan, Volume 19, Nomor 1, Maret 2018, 1-11.
Arikunto, Suharsimi, 2020. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Gibson. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi keempat. Jakarta: Erlangga
Gibson. 2018. Mannajemen Sumber Daya Manusia. Edisi keempat. Jakarta: Erlangga
Gibson. 2020. Mannajemen Sumber Daya Manusia. Edisi keempat. Jakarta: Erlangga
Husein, latifah. 2017. Profesi Keguruan: Menjadi Guru Profesional. Yogyakarta: Pustaka baru press
Ismail, La ode & Sinen, Risnani. 2017. Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dalam Proses Pembelajaran di SMP Negeri 21 makassar : Jurnal
Kusnandar. 2018. Guru Profesional : Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Mangkunegara, Anwar Prabu. 2020. Manajemen Sumber Daya Instansi . Edisi XIV. Bandung : PT Remaja Rosidakarya
Milka . 2014. Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Di Sekolah Menengah Kejuruan, Vol. III
Nanang Fattah. 2019. Landasan Manajemen Pendudikan Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Nomor 16 Tahun 2007 Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 33 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 10 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Tunjangan Profesi, Tunjangan Khusus, dan Tambahan Penghasilan Guru Pegawai Negeri Sipil Daerah.
Pratama ,I Pute Agus Eka. 2014. Sistem Informasi dan Implementasinya: Teori dan Konsep Sistem Informasi Disertai Berbagai Contoh Praktiknya Munggunakan Perangkat Lunak Open Source. Bandung: Informatia,
Riduwan. 2018. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Rochaety, Ety. 2006. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Jakarta:Bumi Kasara
StonerJamesA.F,ManajemenJakarta:Prenhalindo,2016
Subana, dkk. 2019. Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Alfabeta.
Sugiono, 2022, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Sujianto, Agus. 2010. Aplikasi Statistilk dengan SPSS 16.00. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Suparlan. 2016. Menjadi Guru Yang Efektif. Yogyakarta: Hikayat Publishing.
Tasif, Ahmad.2015. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Agama Islam. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Published
2024-05-16
How to Cite
YUWITORO, Rano; RUSANDY, Debby Satyo. Pengaruh Aplikasi Dapodik Dan Tunjangan Profesi Guru Terhadap Kinerja Pendidik Sekolah Menengah Pertama (SMP) Di Kabupaten Tulungagung. Otonomi, [S.l.], v. 24, n. 1, p. 85-88, may 2024. ISSN 2657-1684. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/otonomi/article/view/5271>. Date accessed: 21 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.32503/otonomi.v24i1.5271.
Section
Articles