Pengaruh Citra Merek, Saluran Distribusi Dan Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Kecil Setia Rasa Kec Pace, Kab Nganjuk

  • Taufiq Bimo Nugroho Magister Manajemen, Universitas Islam Kadiri
  • Arisyahidin Arisyahidin Magister Manajemen, Universitas Islam Kadiri
  • Sumarji Sumarji Magister Manajemen, Universitas Islam Kadiri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek, saluran distribusi dan kemasan terhadap keputusan pembelian makanan kecil setia rasa di Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan data dalam penelitian ini berbentuk primer yatu data yang didapatkan dari sumber pertama atau secara langsung dari perusahaan untuk dijadikan bahan penelitian. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner, Populasi dari penelitian ini adalah konsumen Home Industri Setia Rasa dengan total pelanggan yang dijadikan populasi sebanyak 2250 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan oleh peneliti adalah Accidental Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek, saluran distribusi dan kemasan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian.

References

Alma, B. 2016. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa.Edisi 2. Bandung: ALFABETA
Basu Swastha, Dharmesta dan Handoko, T. Hani. 2012. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE.
Evasari, A. D., & Yani, A. (2021). ANALISIS VARIASI PRODUK, KEMASAN DAN MEDIA IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KRIPIK “NADASUKA.” REVITALISASI, 10(1), 1. https://doi.org/10.32503/revitalisasi.v10i1.1471
Eontoro, Deliyanti. 2014. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Laksbang Pressindo
Fenny Krisna. M., William., Syahputra T., Nialindawaty., & Vandi S. (2020) Pengaruh Citra Merek, Saluran Distribusi, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada PT Prima Sentosa Lestari. Volume 14, Nomor 4: 740-755. ISSN (P): 1829-7463 \ ISSN (E) : 2716-3083
Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro.
Hendi, Irawan. (2009). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Cetakan ke 11. PT. Elek Media Komputindo. Jakarta
Henny H., & Muslikah. (2019). Pengaruh Promosi, dan Desain Kemasan terhadap Keputusan Pembelian Sariayu Putih Langsat (Studi Kasus Pada Factory Outlet PT. Martina Berto Tbk). Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam As-Syafi’iyah, Jakarta. KINERJA Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 2 No. 1 – Desember 2019
Jessica M.P., Wulandari K. (2018) Peran Citra Merek Memediasi Pengaruh Iklan terhadap Keputusan Pembelian Es Krim Wall’s Magnum. 1,2Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, Bali, Indonesia. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 7, No. 8, 2018: 4355-4384. ISSN: 2302-8912
DOI:https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i08.p12
Kotler, Keller. 2016. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: PT IndeksKelompok Gramedia.
Kotler, Keller. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 2 Edisi Keduabelas. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip & Amstrong. 2013. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi bahasa indonesia. Jilid 1. Jakarta: Prenhalindo.
Kotler dan Amstrong (2008) tempat adalah :”Placeincludes company activities that make product available to target consumers.”
Made Fajar F., & Ni Made Asti A. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Distribusi terhadap Keputusan Pembelian Produk Sanitary Ware Toto di Kota Denpasar. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Bali, Indonesia. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 7, No. 1, 2018: 441-469 ISSN : 2302-8912.
DOI:https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i01.p17
Pratimi N.I.K.D., Trianasari., & Atidira R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Scoopy pada PT Mertha Buana Motor Surabaya. 1,2,3Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja. Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol 2 No. 1, Juli 2020 P-ISSN: 2685-5526
Rambat Lupiyoadi. (2012). Manajamen Pemasaran Jasa Teori dan Praktek. Jakarta: Salemba Empat.
Schiffman dan Kanuk. 2015. Perilaku konsumen. Edisi 7. Jakarta: Indeks Stanton, William J. (2009). Prinsip Pemasaran. Jakarta : Erlangga.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V Wiratna. 2017. Analisis Laporan Keuangan: Teori, Aplikasi, & Hasil Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Tjiptono, Fandy. (2011). Service Management Meningkatkan Layanan Prima. Andi Offset. Yogyakarta
Yenni Sofiana Tambunan. (2019). Pengaruh Citra Merek dan Kemasan Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada CV. Sibolga Nauli Madani. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Al-Washliyah Sibolga. Jurnal AKRAB JUARA Volume 4 Nomor 1 Edisi Februari 2019 (107-122)
Published
2023-11-02
How to Cite
NUGROHO, Taufiq Bimo; ARISYAHIDIN, Arisyahidin; SUMARJI, Sumarji. Pengaruh Citra Merek, Saluran Distribusi Dan Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Kecil Setia Rasa Kec Pace, Kab Nganjuk. Otonomi, [S.l.], v. 23, n. 2, p. 369-383, nov. 2023. ISSN 2657-1684. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/otonomi/article/view/4448>. Date accessed: 21 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.32503/otonomi.v23i2.4448.
Section
Articles