Manajemen Strategi Mutu Pendidikan Kesetaraan Program Paket C Setara SMA Di Kecamatan Campurdarat, Kabupaten Tulungagung
Abstract
Lulusan suatu lembaga persekolahan baik formal maupun nonformal sangat dipengaruhi oleh Mutu suatu Pendidikan. Dalam peningkatan mutu Pendidikan dibutuhkan adanya strategi yang baik dan harus direncanakan dengan manajemen yang baik pula. Manajemen strategi yang baik akan memberikan keputusan organisani untuk meningkatkan mutu atau keunggulan organisasni tersebut, dan itu diperlukan adanya perencanaan, implementasi dan evaluasi yang terkoneksi dengan baik. Untuk mengetahui apasaja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat yang di hadapi Lembaga Penyelenggara Program Pendidikan kesetaraan Paket C di Kecamatan Campurdarat, Kabupaten Tulungagung dalam peningkatan mutu pendidikan Program Paket C; Untuk mengetahui bagaimana upaya menghadapi kendala dalam meningkatkan mutu pendidikan kesetaraan Paket C di Kecamatan Campurdarat, Kabupaten Tulungagung; Untuk menegetahui bagaimana strategi peningkatkan mutu pendidikan kesetaraan Paket C di Kecamatan Campurdarat, Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan tehnik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dukumentasi.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa dalam penentuan strategi peningkatan mutu Pendidikan kesetaraan paket C di kecamatan Campuradat, telah menerapkan Manajemen Strategi yang meliputi aspek fungsi perencanaan, Inplementasi serta evaluasi, secara umum telah sesuai harapan serta berjalan secara terstruktur dan perlu pembenahan dalam implementasinya supaya dapat mencapai tujuan seperti yang diharapkan, yaitu adanya peningkatan mutu Pendidikan Program kesetaraan Paket C setara SMA.
References
Ambar Teguh Sulistiyani, & Rosidah, Manajemen Sumber Daya Manusia Pendekatan Teoritik dan Praktik Untuk Organisasi Publik,Yogyakarta: Gava Media, 2018.
Baharudin & Moh. Makin. Manajemen Pendidikan Islam: Transformasi Menuju Sekolah/Madrasah Unggul, Malang:UIN Maliki-Press.2010
Sallis, Edward, Total Quality Management in Education, Jogjakarta: Ircisod, 2015.
Gomes, Faustino Cordoso, Manajemen Sumbe Daya Manusia, Yogyakarta; Andi Offset, 2003.
Hadis, Abdul, B, Nurhayati. Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung: AlfaBeta, 2010
Hasibuan, Malayu SP. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi, Jakarta: Bumi Aksara, 2005
Hamalik, Oemar, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2003.
Hikmat, Manajemen Pendidikan, Bandung: Pustaka setia, 2011.
James L. Gibson, James H. Donelly, Jr. Jhon M, Ivansevich. Fundamental of management, Eight, 2015
K. Kartono, Pengantar Metode Riset Sosial, Bandung: Mandar Maju,1990.
Lexy J. Maleong, Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung: Remaja Rosda Karya, 2017
Lina Anatan dan Lena Ellitan, Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam bisnis Modern, bandung: Alfabeta, 2007.
Mahmud, Manajemen pendidikan Tinggi Berbasis Nilai-Nilai Spiritualitas, Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2019
Hasibuan, Malayu. (2004). Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Edisi Revisi, Cet3. Jakarta: Bumi Aksara.
Mattew B. Miles, A. Michael Huberman, Johnny Saldana, Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook, Third Edition Copyright © 2014 SAGE Publications, Inc.
Mohamad Mustari. 2014. Manajemen Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Mukhtar, Bimbingan Skripsi, Tesis,dan Artikel Ilmiah , jambi: Sulthan Thaha Pres, 2004.
Nanang Fattah, Landasan Manajemen Pendidikan, Rosda, Tahun : Cet 5, 2001
Sadili Samsudin, Manajemen Sumber Daya Manusia Bandung: PT. Pustaka Setia, Edisi revisi, 2009
Sagala, Syaiful, Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan,(Bandung: Alfabeta,2007.
Saleh Marzuki, Pendidikan Nonformal: Dimensi dalam Keaksaraan Fungsional, Pelatihan, dan Andragogi, Rosda 2010
Sallis, Edward. Total Quality Management in Education.IRCiSoD; Yogyakarta, 2015.
Sudarmayanti, Manajemen Strategi, Bandung : PT Refika Aditama, 2014.
Soekodjo Notoatmodjo, Pengembangan Sumber Daya Manusia Jakarta : RinekaCipta, 1998.
Sondang Siagian. 2001. Manajemen Stratejik. Jakarta: PT Bumi Aksara
Sri winarsih, Kebijakan dan Implementasi Manajemen Pendidikan Tinggi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan, Kebumen: IAINU, 2017
Sugiono, Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2018.
Susanti, Pentingnya MSDM Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Jakarta: Prenada Media Group, 2014.
Soekidjo Notoatmodjo, Pengembangan Sumber Daya Manusia (Edisi Revisi), Rineka Cipta 2003
Sutarto, Joko. 2007. Pendidikan Non Formal (Konsep Dasar, Proses Pemberdayaan, dan Pemberdayaan Masyarakat). Semarang: UNNES Press.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0