Analisis Kualitas Pelayanan Rekam Medis Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Gigi Dan Mulut Iik Bhakti Wiyata Kediri
Abstract
Penelitian ini mengkaji kualitas pelayanan rekam medis terhadap tingkat kepuasan pasien di Rumah Sakit Gigi dan Mulut IIK Bhakti Wiyata Kediri. Tujuan penelitian ini menganalisis kualitas pelayanan rekam medis terhadap tingkat kepuasan pasien di Rumah Sakit Gigi dan Mulut IIK Bhakti Wiyata Kediri. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan wawancara dan kuisioner sebanyak 40 sampel. Hasil penelitian ini yaitu dimensi tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pasien. Hal ini terlihat dari besarnya nilai Fhitung variabel X (dimensi tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty) terhadap Y (Kepuasan Pasien) sebesar 6,638 > Ftabel 3,510. Dimensi kualitas pelayanan yang memiliki hubungan paling kuat dengan tingkat kepuasan pasien adalah Reliability. Besarnya hubungan Reliability dengan tingkat kepuasan pasien dengan thitung 2,812. Kesimpulan (1)Dimensi tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pasien. Hal ini terlihat dari besarnya nilai Fhitung variabel X (dimensi tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty) terhadap Y (Kepuasan Pasien), (2) Dimensi Tangibles berpengaruh terhadap kepuasan pasien dalam pelayanan rekam medis di RSGM IIK Bhakti Wiyata Kediri, (3) Dimensi Reliability berpengaruh terhadap kepuasan pasien dalam pelayanan rekam medis di RSGM IIK Bhakti Wiyata Kediri. (4) Dimensi Responsiveness berpengaruh terhadap kepuasan pasien dalam pelayanan rekam medis di RSGM IIK Bhakti Wiyata Kediri, (5) Dimensi Assurance berpengaruh terhadap kepuasan pasien dalam pelayanan rekam medis di RSGM IIK Bhakti Wiyata Kediri, (6) Dimensi Emphaty berpengaruh terhadap kepuasan pasien dalam pelayanan rekam medis di RSGM IIK Bhakti Wiyata Kediri.
References
Anifah, L., & Widiyanto, B. (2016). Efektivitas Penggantian Balutan Antara 1 Hari Dan 2 Hari Pada Luka Feet Diabetic Di Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum Semarang. Karya Ilmiah.
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Azwar, A. (1996). Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1496.
Budi, SC. (2011). Manajemen Unit Rekam Medis. Yogyakarta : Quantum Sinergis Media.
Bungin, Burhan. 2011. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Predana Media Group.
Bustami. (2011). Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan & Akseptabilitasnya. Jakarta: Erlangga.
Depkes, Permenkes RI, No. 269/MenKes/Per/III/2008, Tentang Rekam Medis.(Jakarta : Depkes RI. 2008)
Hatta, R. Gemala (Edt.). (2016). Pedoman Manajemen Informasi Kesehatan di Sarana Pelayanan Kesehatan (ed. 3). Jakarta: UI-Press.
Hatta, Gemala. (2008). Pedoman Manajemen Informasi Kesehatan di Sarana Pelayanan Kesehatan. Jakarta : Universitas Indonesia Press.
Herlambang, S., & Murwani, A. (2012). Cara Mudah Memahami Manajemen Kesehatan Dan Rumah Sakit.
Kementerian Kesehatan RI. (2008). Profil Kesehatan Indonesia 2007. Jakarta : Kemenkes RI Jakarta
Kepmenkes RI Nomor 1173/MENKES/PER/X/2004 Tentang Rumah Sakit Gigi dan Mulut
Komariah, Djam’an Satori, (2011), Metode Penelitian Kualitatif, Bandung, Alfabeta.
Kristina, I., & Ambarwati, P. (2015). Tinjauan Waktu Penyediaan Rekam Medis Pelayanan Rawat Jalan di Rumah Sakit Islam Jakarta Pondok Kopi.
Lubis. (2010). Analisis Kuantitif Dan Kualitatif Dalam Rekam Kesehatan Kertasmaupun Elektronik. Dalam: Hatta. Pedoman Manajemen Informasi Kesehatan Di Sarana Pelayanan. Jakarta: UI Press.
Nursalam. (2011). Proses Dan Dokumentasi Keperawatan, Konsep Dan Praktek. Jakarta : Salemba Medika.
Permenkes, R. I. No 269.(2008). Rekam Medis.
Pisu, H. D., Rompas, S., & Malara, R. (2015). Hubungan Respons TIME Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat Rsup Prof. Dr. RD Kandou Manado. Jurnal keperawatan, 3(2).
Pohan, I.S., (2006), Jaminan Mutu Layanan Kesehatan Dasar-Dasar Pengertiandan Penerapan, Hal. 146, Penerbit Buku Kedokteran, EGC, Jakarta
Prastowo. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan dan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Rano. (2014). Rekam Medis.Tangerang Selatan: UI.
Sanjaya, Wina. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Simanjuntak, M. (2020). Tinjauan Kepuasan Pasien Di Pelayanan Rawat Jalan Terhadap Waktu Tunggu Penyediaan Berkas Rekam Medis Di RSU Imelda Pekerja Indonesia Medan Tahun 2019. Jurnal Ilmiah Perekam Dan Informasi Kesehatan Imelda (JIPIKI), 5(2), 213-218.
Sudrajat, I., & Sugiarti, I. (2015). Hubungan Kecepatan Penyediaan Dokumen Rekam Medis Rawat Jalan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia (JMIKI), 3(1).
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Suharsimi, A. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Sumarni, D. (2017). Kepuasan Pasien BPJS Di Pelayanan Rawat Jalan Terhadap Waktu Tunggu Penyediaan Berkas Rekam Medis Di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Bantul Yogyakarta Tahun 2017.
Widayatun. (2009). Ilmu Perilaku. Jakarta : Info Medika
Wulandari, D., Wicaksono, A. P., & Deharja, A. (2020). Analisis Faktor Penyebab Keterlambatan Penyediaan Berkas Rekam Medis Rj Di Rsup Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten. J-Remi: Jurnal Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan, 1(3), 247-254.
Yamit, Zulian (2011). Manajemen Produksi Dan Operasi, Edisi Pertama. Yogyakarta :Penerbit Ekonisia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0