Implementasi Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (SIMPUS) Menuju Smart City Di Kota Kediri

  • Nafi Septi Mekar Sari DINAS KESEHATAN KOTA KEDIRI
  • Ahsin Daroini Magister Agribisnis Universitas Islam Kadiri

Abstract

 SIMPUS berbasis komputer atau teknologi informasi memiliki keunggulan dalam hal kecepatan dan ketepatan dalam pengelolaan data dan informasi. Lahir dari penerapan e-government yang disempurnakan dalam konsep Smart City. Diharapkan dapat mempermudah pengelolaan, pemantauan data dan informasi secara lebih mudah, cepat dan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses implementasi SIMPUS sebelum dan sesudah SIMPUS, bagaimana proses implementasi SIMPUS SIMPUS ditinjau dari aspek kebijakan, aspek SIM dan aspek pelayanan, kemudian untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi beserta faktor penyebab masalah dan solusi untuk menyelesaikan permasalahan yang timbul dalam proses implementasi SIMPUS menuju Smart City di Puskesmas Sukorame Kota Kediri.


 Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan snowbolling sampling dan purposive sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan jalur analisis data berupa reduksi data, penyajian data dalam penelitian kualitatif, dan penarikan kesimpulan.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses implementasi SIMPUS menuju Smart City di Puskesmas Sukorame Kota Kediri berdampak baik terhadap keberhasilan pencapaian tujuan program itu sendiri dan lebih luas lagi adalah keberlanjutan program di masyarakat dan lainnya. khususnya karena SIMPUS termasuk dalam program Smart City dalam dimensi Smart Living. maka tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan secara optimal dengan dukungan sistem informasi berbasis pelayanan yang terpantau dan meningkatkan kemandirian kesehatan masyarakat.


Kata kunci : SIMPUS, Smart City, Puskesmas

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-11-21
How to Cite
SARI, Nafi Septi Mekar; DAROINI, Ahsin. Implementasi Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (SIMPUS) Menuju Smart City Di Kota Kediri. Otonomi, [S.l.], v. 20, n. 2, p. 316-325, nov. 2020. ISSN 2657-1684. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/otonomi/article/view/1298>. Date accessed: 25 feb. 2021. doi: https://doi.org/10.32503/otonomi.v20i2.1298.
Section
Articles
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times