Strategi Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES)

  • Ama Zunaidah Magister Manajemen Universitas Islam Kadiri
  • Eka Askafi Magister Manajemen Universitas Islam Kadiri
  • Ahsin Daroini Magister Manajemen Universitas Islam Kadiri

Abstract

Pendirian BUMDes dimaksudkan sebagai upaya bersama antara masyarakat dengan pemerintah desa, untuk mengembangkan potensi Desa dan kebutuhan masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat dan berkontribusi bagi pendapatan desa. Pengembangan usaha Bumdes memerlukan strategi yang tepat. Penelitian ini bertujuan mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi pengembangan usaha Bumdes. Penelitian ini dilakukan di lokasi usaha Bumdes Karya Nyata Desa Keboireng Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung dengan menggunakan metode kualitatif dan kualitatif deskriptif. Berdasarkan analisis SWOT diketahui bahwa strategi pengembangan yang sesuai adalah strategi SO sedangkan berdasarkan analisis QSPM prioritas stategi yang diterapkan bernilai 7.21 Memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan usaha, termasuk untuk menambah pengetahuan dan untuk sarana promosi dan pemasaran.

Published
2020-11-21
How to Cite
ZUNAIDAH, Ama; ASKAFI, Eka; DAROINI, Ahsin. Strategi Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). Otonomi, [S.l.], v. 20, n. 2, p. 241-247, nov. 2020. ISSN 2657-1684. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/otonomi/article/view/1259>. Date accessed: 15 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.32503/otonomi.v20i2.1259.
Section
Articles