Pengaruh Motivasi, Kepuasan Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Perumahan Dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kediri

  • Hartanto Hartanto Magister Manajemen Universitas Islam Kadiri

Abstract

Setiap organisasi dalam melaksanakan program yang diarahkan selalu berdaya guna untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Salah satu cara untuk mencapai tujuan adalah meningkatkan kinerja pegawai. Kinerja pegawai dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah motivasi, kepuasan kerja dan lingkungan kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi, kepuasan kerja dan lingkungan kerja secara bersama sama berpengaruh terhadap kinerja pegawai, pengaruh motivasi terhadap kinerja pegawai, pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai, dan pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai pada Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kediri. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kediri yang berjumlah 33 orang, dengan penentuan sampel menggunakan teknik sampling total dimana seluruh populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan sebaran kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil analisis data dari penelitian ini menunjukkan: (1) Motivasi, kepuasan kerja dan lingkungan kerja secara bersama sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kediri dengan besarnya pengaruh dari ketiga variabel bebas tersebut sebesar 85,8%, (2) Motivasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kediri dengan besarnya pengaruh 20,6%, (3) Kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kediri dengan besarnya pengaruh 60,5%, dan (4) Lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kediri dengan besarnya pengaruh 22,2%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-11-21
How to Cite
HARTANTO, Hartanto. Pengaruh Motivasi, Kepuasan Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Perumahan Dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kediri. Otonomi, [S.l.], v. 20, n. 2, p. 207-217, nov. 2020. ISSN 2657-1684. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/otonomi/article/view/1253>. Date accessed: 25 feb. 2021. doi: https://doi.org/10.32503/otonomi.v20i2.1253.
Section
Articles
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times