PERANCANGAN DESTINATION BRANDING MELALUI IDENTITAS VISUAL SEBAGAI STRATEGI PENINGKATKAN BRAND AWARENESS DI WISATA SUMBER BANTENG, KEDIRI
Abstract
Aspek strategis dalam manajemen pemasaran saat ini menekankan pentingnya pemahaman menyeluruh, perencanaan yang matang, dan pengelolaan efektif terhadap elemen- elemen pemasaran. Ini melibatkan pemahaman mendalam terhadap pasar dan pesaing, penerapan strategi promosi yang efektif, serta pelayanan pelanggan yang memuaskan untuk mencapai kesuksesan bisnis. Melalui pengelolaan yang tepat, perusahaan dapat meningkatkan brand management-nya dengan cara menguatkan identitas, posisi, kesadaran, citra, dan loyalitas merek. Wisata Sumber Banteng merupakan program unggulan Kota Kediri yang diluncurkan untuk mengembangkan karakteristik, budaya, dan ekonomi lokal. Meskipun jumlah wisatawan Kota Kediri meningkat, brand awareness Wisata Sumber Banteng masih rendah. Diperlukan strategi destination branding yang kuat dan strategi pemasaran yang lebih agresif. Strategi destination branding yang dilakukan adalah perancangan identitas visual dan kemudian mempromosikannya melalui media utama.