Pengaruh Word Of Mouth, Kualitas Pelayanan dan Citra Merek terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Hukum pada Kantor Hukum dan Konsultan RBX Aji Saputro dan Partner

  • DAVID PUJI SETYAWAN Universitas Islam Kadiri

Abstract

Abstract


This research aims to prove the influence of word of mouth, service quality, and brand image on the decision to use legal services at the RBX Aji Saputro and Partners law office. This research uses a non-probability sampling method with a saturated sampling technique. The approach used is descriptive quantitative. The research population consisted of 42 clients who used legal services at the office during the period January to December 2023. The data obtained was analyzed using the SPSS 25 program with a series of validity tests, reliability tests, classical assumption tests, and hypotheses in the form of multiple linear regression, t test, F test, and R2 test. The research results show that partially, word of mouth (significant value 0.019<0.05), service quality (0.048<0.05), and brand image (0.000<0.05) have a significant effect on the decision to use services. Simultaneously, these three variables also have a significant effect with an F test value of 0.000<0.05.


Keywords : Word of Mouth, Service Quality, Brand Image, Decision to Use Service


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh word of mouth, kualitas pelayanan, dan citra merek terhadap keputusan penggunaan jasa hukum pada kantor hukum RBX Aji Saputro dan Partners. Penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik sampling jenuh. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian terdiri dari 42 klien yang menggunakan jasa hukum di kantor tersebut selama periode Januari hingga Desember 2023. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan program SPSS 25 dengan serangkaian Uji validitas, Uji reliabilitas, Uji asumsi klasik, dan Hipotesis berupa regrensi linier berganda, Uji t, Uji F,, dan uji R2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, word of mouth (nilai signifikan 0,019<0,05), kualitas pelayanan (0,048<0,05), dan citra merek (0,000<0,05) berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan jasa. Secara simultan, ketiga variabel tersebut juga berpengaruh signifikan dengan nilai uji F sebesar 0,000<0,05.


Kata kunci : Word Of Mouth, Kualitas Pelayanan, Citra Merek, Keputusan Penggunaan Jasa

References

Daftar Pustaka
Adabi, N. (2020). Pengaruh citra merek, kualitas pelayanan dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian indihome di witel telkom depok. Jurnal Manajemen, 12(1), 32–39. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/Jurnalmanajemen
Ambarwati, D., Selviasari, R., & Dewi, A. S. (2022). Predicting Purchase Decisions on Kediri Consumer Students using Shopee Application. Asian Journal of Management Entrepreneurship and Social Science, 02(04), 253–267.
Dharma, N. P., & Sukaatmadja, I. P. G. (2015). 255281-Pengaruh-Citra-Merek-Kesadaran-Merek-Dan-5Ca8F555. 4(10), 3228–3255.
Donni Juni Priansa. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
Efendi, N., Ginting, S. O., & Halim, J. (2020). Citra Merek, Kualitas Produk, Promosi, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial, 11(2), 102–112.https://doi.org/10.35724/jies.v11i2.3135
Firmansyah. (2019). Pemasaran Produk Dan Merek (Planning & Strategy)Cetakan Pertama (by Qiara M). surabaya: : CV. Penerbit Qiara Media.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (edisi 9). Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.
Gunadi, P. R. &. (2022). Pengaruh brand image, word of mouth dan perceived service quality terhadap keputusan penggunaan jasa JNE cabang tangkuban perahu. Jurnal Emas, 3, 227–236.
Kotler dan Keller. (2016). Marketing Managemen (15th Editi). London: Pearson Education,Inc.
Lusianto, K. S., Ambarwati, D., & Zamzam, N. A. N. (2024). The Influence Of Brand Image, Lifestyle, Promotion, and Price on Purchasing Decisions for Oppo Mobile Phones. AJIM (Airlangga Journal of Innovation Management) Journal, 5(1), 91–106.
Prabowo, EP. M.Si, & Prabawani, S. M. (2015). . Pengaruh Citra Perusahaan Dan Kualitas Pelayanan Tehadap Keputusan Penggunaan Jasa Pengiriman Paket PT. POS INDONESIA (Studi pada Kantor Pos Johar Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis , 4 (2).
Pratiwi, Y., Mega, S. W., & Ambarwati, D. (2023). Pengaruh Service Quality dan Store Atmosphere terhadap Minat Beli Konsumen pada Samudra Supermarket Kediri. Musytari Neraca Manajemen, Ekonomi, 1(1), 1–16.
Prisgunanto, I. (2014). Komunikasi Pemasaran Era Digital. Jakarta: Prisani Cendikia.
Rahman, A. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek, Promosi Dan Nilai Pelanggan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa GojeK Studi Kasus Pada PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa di Kota Banjarmasin. At-Tadbir : Jurnal Ilmiah Manajemen, 4(1), 58–68. https://doi.org/10.31602/atd.v4i1.2623
Ruswandriyo, A., Mega, S. W., & Ambarwati, D. (2024). Issn : 3025-9495. Musytari Neraca Manajemen, Ekonomi, 4(6), 124–133.
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cetakan Ke). Badung Alfabeta cv.
Sujarweni V. Wiratna. (2021). METODOLOGI PENELITIAN BISNIS & EKONOMI (by Pustaka). Yogyakarta Pustaka Baru Press.
Tjiptono, F. (2014). “Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian.” Yogyakarta : CV Andi Offset.
_______, F. (2016). Service, Quality & Satisfaction. yogyakarta: Andi.
Wardani, D. S., Ambarwati, D., & Jatmiko, U. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kepercayaan, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Roti Dian Jaya Nganjuk. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Dan Bisnis, 1(3), 77–83. https://doi.org/10.51903/jimeb.v1i3.410
Wibowo, A. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Transportasi Umumbus Trans Jogja Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu Manajemen, 11(2), 67–81. https://doi.org/10.21831/jim.v11i2.11765
Published
2024-10-22
How to Cite
SETYAWAN, DAVID PUJI. Pengaruh Word Of Mouth, Kualitas Pelayanan dan Citra Merek terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Hukum pada Kantor Hukum dan Konsultan RBX Aji Saputro dan Partner. Jurnal Cendekia Manajemen (JCM), [S.l.], v. 2, n. 3, p. 28-36, oct. 2024. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/jcm/article/view/6001>. Date accessed: 21 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.32503/jcm.v2i3.6001.
Section
Articles