Pengaruh Pengaruh Reputsi Toko, Ulasan Produk, dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Di E - commerce Shopee

Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Kadiri Kediri

  • Dea Putri Ramadani mahasiswa
  • Beny Mahyudi Saputra Universitas Islam Kadiri

Abstract

ABSTRAK
Dalam e-commerce shopee, konsumen cenderung lebih percaya dengan toko yang memiliki reputasi yang baik karena hal ini menunjukkan kualitas layanan yang diberikan oleh toko tersebut dan kejujuran dalam memberikan penjelasan mengenai produk yang dijual. Selain reputasi toko yang baik, para konsumen akan memperhatikan ulasan produk yang diberikan oleh konsumen sebelumnya yang memiliki pengalaman berbelanja di toko tersebut. Selain menuliskan ulasan produk, konsumen sebelumnya juga memberikan rating untuk menilai seberapa puas konsumen sebelumnya terhadap produk yang sampai ke konsumen tersebut. Dengan pengetahuan yang dimiliki Mahasiswa Fakultas Ekonomi, Univesitas Islam Kadiri tentang e-commerce diharapkan penelitian ini dapat menjelaskan bagaimana reputasi toko, ulasan produk dan rating berkontribusi terhadap keputusan pembelian di lingkungan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Kadiri. Menggunakan Uji Validitas, Uji Reabilitas, Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, Uji Heteroskedastisitas, Uji Hipotesis Simultan(Uji F), Uji Hipotesis Parsial (Uji T), Uji Regresi Linear Berganda dan Uji Koefisien Determinas R². Hasil penelitian ini menunjukkan nilai signifikan F 0,00 < 0,05. Hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima, dapat disimpulkan bahwa variabel bebas reputasi toko (X1), ulasan produk (X2), dan online customer rating (X3) berpengaruh secara simultan terhadap variabel terikat keputusan pembelin (Y).

References

Jurnal
Published
2024-06-25
How to Cite
RAMADANI, Dea Putri; SAPUTRA, Beny Mahyudi. Pengaruh Pengaruh Reputsi Toko, Ulasan Produk, dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Di E - commerce Shopee. Jurnal Cendekia Manajemen (JCM), [S.l.], v. 2, n. 1, p. 57-72, june 2024. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/jcm/article/view/5353>. Date accessed: 22 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.32503/jcm.v2i1.5353.
Section
Articles