ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PEMASARAN BAWANG MERAH (Allium Ascalonicum L.) (Di Desa Kalidawir, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung
Abstract
Indonesia memiliki keunggulan komparatif yang tak tertandingi di dunia berkat kekayaan alamnya yang luar biasa. Sektor pertanian adalah salah satu industri unggulan yang harus memaksimalkan potensinya. Bawang merah adalah salah satu produk pertanian yang dihasilkan di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor internal dan eksternal bawang merah, serta strategi pengembangan bawang merah di Desa Kalidawir, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung. Desa Kalidawir adalah salah satu daerah di Kabupaten Tulungagung yang menghasilkan bawang merah. Pada penelitian ini, menggunakan metode purposive sampling denagn 18 responden yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan menunjukkan harga produk bawang merah terjangkau, kelemahannya keterbatasan modal dan SDM petani masih berkurang, peluang dapat meningkatan pendapatan penduduk, ancaman berupa perubahan iklim, serangan hama, peningkatnya pesaing. Sedangkan hasil analisi IFAS memiliki skor internal kekuatan 1,76 dan skor kelemahan sebesar 1,43, hasil analisis EFAS memiliki skor eksternal peluang sebesar 1,96 dan skor ancaman sebesar 1.52. Berarti produk bawang merah di Desa Kalidawir ini masih mampu memanfaatkan peluang yang ada dengan meminimalkan ancaman yang ada.