PENGARUH KREDIBIITAS MEREK “JAVA COFFEE TLOGO” TERHADAP PERMINTAAN PRODUK KOPI DI PT. JATENG AGRO BERDIKARI

  • Erlina Novita Sari Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Mahananto mahananto Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Agung Prasetyo Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

Abstract

Kopi merupakan komoditas perkebunan yang memiliki nilai yang cukup tinggi dibandingkan dengan komoditas perkebunan lainnya. Salah satu jenis kopi yang sering dibudidayakan adalah Kopi robusta seperti yang diproduksi oleh PT. JATENG Agro Berdikari PERSERODA Unit Perkebunan Tlogo memiliki kualitas yang cukup baik, dan terdapat inovasi dalam metode pemasarannya. Salah satunya adalah pemberian merek pada produk kopi yang dikeluarkan yaitu Java Coffe Tlogo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepi konsumen terhadap kualitas produk dan juga untuk menguji pengaruh kredibilitas merek terhadap permintaan Produk Java Coffee Tlogo. Metode yang digunakan adalah metode purposive sampling. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Expertise, Trustworthiness, Likeability, Harga, dan Pendapatan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis likert dan analisis regresi berganda. Hasil Penelitian menunjukan bahwa persepsi konsumen pada produk Java Coffee Tlogo adalah cukup baik. Seluruh variabel berpengaruh secara nyata terhadap permintaan nilai sig. <0.05, dua variabel Expertise, dan Trustworthiness dapat diabaikan karena memiliki pengaruh yang kecil.

References

Alfiyanto, A. (2020). Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan Berbasis Budaya Religius. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(1), 53–62.
https://doi.org/10.35673/ajmpi.v10i1.867 Carolina Simorangkir, N., & Rosiana, N. (2022).
Analisis Efisiensi Pemasaran Kopi Robusta. Jurnal Agribisnis Indonesia, 10(1), 113–125. https://doi.org/10.29244/jai.2022.10.1.113- 125
Fahmi, I. (2017). Analisis Laporan Keuangan.
Bandung: Alfabeta.
Linton, J. D., Klassen, R., Jayaraman, V., Walker,


H., Brammer, S., Ruparathna, R., Hewage, K., Thomson, J., Jackson, T., Baloi, D., Cooper, D. R., Hoejmose, S. U., Adrien-Kirby, A. J., Sierra, L. A., Pellicer, E., Yepes, V., Giunipero,
L. C., Hooker, R. E., Denslow, D., … Anane, A. (2020). Pengaruh Jumlah Penduduk, Tenaga Kerja, Dependency Ratio dan Rasio Jenis Kelamin terhadap PDRB di Kota Banjarmasin. Sustainability (Switzerland), 14(2), 1–4.
Alfiyanto, A. (2020). Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan Berbasis Budaya Religius. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(1), 53–62.
https://doi.org/10.35673/ajmpi.v10i1.867 Carolina Simorangkir, N., & Rosiana, N. (2022).
Analisis Efisiensi Pemasaran Kopi Robusta. Jurnal Agribisnis Indonesia, 10(1), 113–125. https://doi.org/10.29244/jai.2022.10.1.113- 125
Fahmi, I. (2017). Analisis Laporan Keuangan.
Bandung: Alfabeta.
Linton, J. D., Klassen, R., Jayaraman, V., Walker, H., Brammer, S., Ruparathna, R., Hewage, K., Thomson, J., Jackson, T., Baloi, D., Cooper, D. R., Hoejmose, S. U., Adrien-Kirby, A. J., Sierra, L. A., Pellicer, E., Yepes, V., Giunipero,
L. C., Hooker, R. E., Denslow, D., … Anane, A. (2020). Pengaruh Jumlah Penduduk, Tenaga Kerja, Dependency Ratio dan Rasio Jenis Kelamin terhadap PDRB di Kota Banjarmasin. Sustainability (Switzerland), 14(2), 1–4.
Published
2024-07-27
How to Cite
SARI, Erlina Novita; MAHANANTO, Mahananto; PRASETYO, Agung. PENGARUH KREDIBIITAS MEREK “JAVA COFFEE TLOGO†TERHADAP PERMINTAAN PRODUK KOPI DI PT. JATENG AGRO BERDIKARI. Jurnal Agribisnis Cendekia, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 81-85, july 2024. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/jac/article/view/5733>. Date accessed: 21 dec. 2024.