Strategi Pemasaran Rumah Sakit Di Era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Study RSM Siti Khodijh Kediri
Abstract
Rumah sakit muhammadiyah siti khodijah adalah rumah sakit tipe D yang beralamat di desa sukorejo kecamatan gurah kabupaten Kediri, Jaminan Kesehatan Nasional merupakan program pemerintah yang di selenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial dimana dengan adanya program ini tren kunjungan rumah sakit menjadi 70% pasien JKN dan 30% pasien umum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat bagi RSM Siti Khodijah di era Jaminan Kesehatan Nasional. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara secara mendalam dengan direktur dan kepala bagian di rumah sakit juga memberikan kuisioner terhadap pasien dan warga sekitar rumah sakit yang tidak pernah berobat di rumah sakit, sedangkan data sekunder diperoleh dari rencana strategis, laporan keuangan, laporan kunjungan pasien BPJS, gambaran umum rumah sakit dan sumber daya manusia. Analisis data menggunakan SWOT dan QSPM. Berdasarkan penelitian yang diperoleh dari skor IFE dan EFE RSM Siti Khodijah berada pada quadran 1 dengan strategi yang diterapkan adalah strategi intensif dan integrasi. Alternative strategi yang tepat adalah WO yaitu menggunakan peluang untuk meminimalisir kelemahan. Berdasarkan matrik QSPM nilai TAS tertinggi sebesar 5.6 yaitu mengadakan pertemuan dengan pihak ke tiga dalam hal ini perujuk dan faskes 1 untuk mendapatkan kesan dan loyalitas.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License