PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL TERHADAP KINERJA DOSEN DI UNISBA

  • Wulan Puji Lestari Universitas Islam Balitar (UNISBA) Blitar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah gaya kepemimpinan situasional mempunyai pengaruh terhadap kinerja dosen di Universitas Islam Balitar Blitar baik secara parsial (individu) maupun secara simultan. Populasi penelitian ini adalah dosen Universitas Islam Balitar Blitar yang masing- masing fakultas diambil 6 orang, sedangkan sampel penelitian diambil sebanyak 102 responden. Pengumpulan data dengan metode kuesioner dan metode dokumentasi.


Dalam penyusunan penelitian ini digunakan beberapa metode dalam menganalisa data, antara lain : (1) Uji Reabilitas, (2) Analisis Regresi Linier Berganda, (3) Analisis Uji T, (4) Uji F. Perhitungan menggunakan program komputer software SPSS Versi 17.0 (statistical Package and social Science).


Hasil dari penelitian ini sebagai berikut : (1) Terdapat Pengaruh yang signifikan antara gaya kepemimpinan instruktif (X1) terhadap Kinerja Dosen (Y) di Universitas Islam Balitar Blitar. Koefisien regresi (pengaruh) X1 terhadap Y sebesar 3,895 dengan tingkat signifikansi 0,001. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah bahwa hipotesis 1 diterima secara signifikan. (2) Tidak terdapat pengaruh antara gaya kepemimpinan konsultatif (X2) terhadap kinerja dosen (Y) Universitas Islam Balitar Blitar. Koefisien regresi antara gaya kepemimpinan konsultatif terhadap kinerja dosen adalah berpengaruh negatif dan tidak signifikan, (3) Terdapat Pengaruh yang signifikan antara gaya kepemimpinan partisipatif (X3) terhadap Kinerja Dosen (Y) di Universitas Islam Balitar Blitar. Koefisien regresi (pengaruh) X3 terhadap Y sebesar 1,748 dengan tingkat signifikansi 0,004. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah bahwa hipotesis 1 diterima secara signifikan. (4) Terdapat Pengaruh yang signifikan antara gaya kepemimpinan instruktif (X4) terhadap Kinerja Dosen (Y) di Universitas Islam Balitar Blitar. Koefisien regresi (pengaruh) X4 terhadap Y sebesar 1.612 dengan tingkat signifikansi 0,002. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah bahwa hipotesis 1 diterima secara signifikan. (5) pengaruh secara simultan atau bersama- sama variabel (X1, X2, X3, X4) terhadap variabel Y dapat dilihat dari R square sebesar 0,589 artinya gaya kepemimpinan situasional mampu mempengaruhi kinerja dosen di Universitas Islam Balitar Blitar sebesar 58,9 %. Persamaan regresinya dijelaskan sebagai berikut : Y= 64,715 + 0.643X1-0.136X2+ 0,509X3+0,183X4.

Published
2020-01-18
How to Cite
LESTARI, Wulan Puji. PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL TERHADAP KINERJA DOSEN DI UNISBA. REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen, [S.l.], v. 4, n. 3, p. 89-98, jan. 2020. ISSN 2657-1684. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/Revitalisasi/article/view/766>. Date accessed: 21 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.32503/revitalisasi.v4i3.766.