ANALISIS PENGARUH PLACE, PROMOTION, DAN PEOPLE TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MELAKUKAN PEMBELIAN PRODUK PASAR MODAL DENGAN MENGGUNAKAN JASA EQUITY BROKERAGE DI PT SUCORINVERS CENTRAL GANI CABANG KEDIRI

  • Gesty Ernestivita Magister Manajemen Universitas Islam Kadiri

Abstract

Persaingan dalam dunia bisnis pada saat ini sangat ketat. Tidak hanya produk barang, produk jasa juga tidak lepas dari pemasaran. Pemasaran telah menjadi subyek yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari sejalan dengan semakin berkembangnya perekonomian. Atas dasar hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Place, Promotion, dan People terhadap keputusan konsumen melakukan pembelian produk pasar modal dengan menggunakan jasa Equity Brokerage di PT Sucorinvest Central Gani Cabang Kediri baik secara parsial maupun simultan.


Variabel penelitian yang digunakan adalah Place, Promotion, dan People dan keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 158 responden. Sampel ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling sejumlah 35 responden dengan menggunakan karakteristik. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner, selanjutnya dianalisis secara kuantitatif. Analisis kuantitatif, menggunakan analisis linear berganda, yang di ambil dengan alat bantu SPSS XVI.


Hasil penelitian membuktikan bahwa secara simultan variabel Place, Promotion, dan People berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian dengan koefisien F hitung = 4,037 > F tabel (2,88). Hasil penelitian juga membuktikan bahwa variabel place berpengaruh positif namun tidak signifikan dengan koefisien thitung sebesar 1,820, variabel Promotion dan People berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan koefisien thitung Promotion 3,014 dan 3,895 untuk variabel People sementara ttabel adalah sebesar  1,891.


Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan bagi PT Sucorinvest Central Gani Cabang Kediri untuk berusaha memberikan pelayanan yang terbaik, promosi yang menarik, serta memlilih lokasi kantor yang strategis sehingga meningkatkan jumlah nasabah yang membeli produk pasar modal melalui jasa Equity Brokerage di PT Sucorinvest Central Gani Cabang Kediri.

Published
2020-01-18
How to Cite
ERNESTIVITA, Gesty. ANALISIS PENGARUH PLACE, PROMOTION, DAN PEOPLE TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MELAKUKAN PEMBELIAN PRODUK PASAR MODAL DENGAN MENGGUNAKAN JASA EQUITY BROKERAGE DI PT SUCORINVERS CENTRAL GANI CABANG KEDIRI. REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen, [S.l.], v. 4, n. 3, p. 75-79, jan. 2020. ISSN 2657-1684. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/Revitalisasi/article/view/764>. Date accessed: 21 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.32503/revitalisasi.v4i3.764.