PENGARUH STRATEGI BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS ISLAM KADIRI

  • Mustafidhah Mahardhika Magister Manajemen Universitas Islam Kadiri

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti untuk mengetahui pengaruh strategi bauran pemasaran dalam mempengaruhi keputusan mahasiswa memilih program pascasarjana di Universitas Islam Kadiri. Di kota Kediri, ada perguruan tinggi lain yang juga membuka program pascasarjana. Dengan adanya perguruan tinggi lain di kota Kediri pada khususnya, dan di kota lain sekitar Kediri pada umumnya yang membuka program pascasarjana, maka Universitas Islam Kadiri perlu menerapakan strategi bauran pemasaran dengan tepat, guna menarik minat mahasiswa untuk belajar.


            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi bauran pemasaran dalam mempengaruhi keputusan mahasiswa memilih program pascasarjana di Universitas Islam Kadiri. Untuk mencapai tujuan penelelitian tersebut, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian survey. Variabel-variabel dalam penelitian ini merupakan komponen dari bauran pemasaran 4P yang terdiri dari produk, harga, promosi, dan tempat. Pengambilan data penelitian dilakukan pada minggu ketiga bulan Mei tahun 2015. Data penelitian berupa jawaban responden dalam kuesioner yang diberikan oleh peneliti. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS.


            Berdasarkan analisis data menggunakan regresi linier berganda, diperoleh hasil bahwa strategi bauran pemasaran memiliki pengaruh secara simultan terhadap keputusan mahasiswa memilih Universitas Islam Kadiri. Secara parsial, variabel produk, harga, promosi, dan tempat berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa memilih program pascasarjana Universitas Islam Kadiri. Seluruh variabel tersebut berkontribusi sebesar 87,7% dalam mempengaruhi keputusan mahasiswa memilih program pascasarjana Universitas Islam Kadiri.

Published
2020-01-18
How to Cite
MAHARDHIKA, Mustafidhah. PENGARUH STRATEGI BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS ISLAM KADIRI. REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen, [S.l.], v. 4, n. 3, p. 58-64, jan. 2020. ISSN 2657-1684. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/Revitalisasi/article/view/762>. Date accessed: 21 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.32503/revitalisasi.v4i3.762.