FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT KONSUMEN PADA TOKO RIZQUNA LIRBOYO KOTA KEDIRI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) Mengetahui kondisi toko Rizquna Lirboyo dalam melayani konsumen, 2) Mengetahui pengaruh faktor harga terhadap minat konsumen di toko Rizquna Lirboyo pada tahun 2015, 3) Mengetahui pengaruh pelayanan karyawan terhadap minat konsumen di toko Rizquna Lirboyo pada tahun 2015, 4) Mengetahui pengaruh faktor kelengkapan barang dan kenyamanan terhadap minat konsumen di toko Rizquna Lirboyo pada tahun 2015, 5) Mengetahui pengaruh yang signifikan dari faktor harga, faktor pelayanan, faktor kelengkapan barang dan faktor kenyamanan terhadap minat beli konsumen.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu suatu penelitian yang hasil penelitiannya disajikan dalam bentuk deskriptif dengan menggunakan angka dan statistik. Penelitian ini merupakan penelitian kausalitas yang berupaya untuk meneliti apa dan seberapa jauh factor-faktor yang diperkirakan mempengaruhi suatu variabel. Misalnya, kita ingin mengetahui apa faktor-faktor yang mempengaruhi frekuensi beli konsumen. Berdasarkan try out yang telah dilakukan sebelumnya, kita dapat menguji apakah faktor harga, kelengkapan barang, pelayanan dan kenyamanan berpengaruh terhadap minat beli konsumen.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi frekuensi beli konsumen pada supermarket Pamella I Yogyakarta, maka dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut : 1) Hasil pengujian secara simultan/serempak (uji F) menunjukkan bahwa variabel-variabel bebas (faktor harga, pelayanan, kelengkapan barang dan kenyamanan) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap frekuensi beli konsumen. Hal ini ditunjukkan oleh nilai F hitung (31,483) lebih besar dari nilai F tabel (2,494). 2) Hasil pengujian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa variabel-variabel bebas (harga, pelayanan, kelengkapan barang dan kenyamanan) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap frekuensi beli konsumen dan pengaruhnya adalah positif sehingga apabila faktor harga, pelayanan, kelengkapan barang dan kenyamanan semakin baik maka frekuensi beli konsumen juga akan meningkat. Ini ditunjukkan oleh nilai t hitung untuk faktor harga (4,764), faktor pelayanan (2,393), faktor kelengkapan barang (2,507) dan faktor kenyamanan (2,161) lebih besar dari nilai t tabel (1,992)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License