PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PROVIDER TELEKOMUNIKASI ( Studi Kasus di Wilayah Karisidenan Kediri )

  • Dani Karim Amrulloh Magister Manajemen Universitas Islam Kadiri

Abstract

Perkembangan dunia bisnis dewasa ini menuntut kinerja industri yang tinggi dan efektif. Kondisi ekonomi berubah, pesaing melancarkan serangan baru, dan situasi pasar memaksa adanya efisiensi dan peningkatan kualitas barang dan jasa yang ditawarkan. Di lain pihak, perkembangan ekonomi juga mengakibatkan pendapatan masyarakat meningkat sehingga kebutuhan dan keinginan mereka pun berkembang makin kompleks, maka sektor industri diharapkan mampu bersaing dalam dunia usaha


Keberadaan konsumen merupakan bagian yang sangat penting dalam sistem pemasaran. Dalam kompetisi yang ketat, konsumen merupakan target awal bagi strategi pemasaran sehingga kekuatan perusahaan mengarah pada konsumen. Selain itu strategi pemasaran juga harus dikondisikan sesuai perkembangan pasar.  Dengan demikian strategi yang diterapkan  perusahaan harus terarah sehingga setiap peluang yang ada dapat dimanfaatkan.


Suatu perusahaan harus mencoba memberikan pembeda atau diferensiasi dalam menjalankan usahanya. Perusahaan berusaha memproduksi dan memasarkan barang dengan karakteristik tertentu yang khas yang pada akhirnya mengakibatkan barang tersebut dianggap unik dan bahkan eksklusif oleh konsumen. Bagi konsumen, diferensiasi yang terdapat pada suatu produk atau jasa yang ditawarkan akan memberi daya tarik tersendiri bagi konsumen.


Dimana yang akan menjadi focus pembahasan adalah diferensiasi produk yang benar-benar dapat dirasakan manfaat dan dampaknya baik oleh konsumen maupun oleh produsen. Dari hasil penelitian yang sudah dilaksanakan oleh penulis dapat diambil kesimpulan, bahwa dari harga, kualitas dan pelayanan yang prima dapat membuat konsumen merasa puas dengan produk atau jasa yang diterima, sehingga secara tidak langsung akan dapat menambah tingkat loyalitas konsumen terhadap produk yang dikonsumsinya. Maka dari itu pemberian diferensiasi produk sangatlah diperlukan dalam menghadapi persaingan yang saat ini terjadi khususnya didalam dunia industri, supaya kita tetap bisa exis dan berkembang.

Published
2020-01-18
How to Cite
AMRULLOH, Dani Karim. PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PROVIDER TELEKOMUNIKASI ( Studi Kasus di Wilayah Karisidenan Kediri ). REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 65-73, jan. 2020. ISSN 2657-1684. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/Revitalisasi/article/view/753>. Date accessed: 21 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.32503/revitalisasi.v4i2.753.