ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA GURU SMP ISLAM AZZUHRIYAH BATUMAMAR PAMEKASAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki; (1) Apakah faktor kesejahteraan, sanksi, ketegasan, tujuan dan kemampuan, dan teladan pimpinan dapat mempengaruhi kinerja guru SMPI Azzuhriyah Batumarmar, Pamekasan? (2) Di antara faktor tersebut, faktor manakah yang mempunyai pengaruh dominan terhadap kinerja guru SMPI Azzuhriyah Batumarmar, Pamekasan?
Untuk menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang dipakai ialah: (a) angket, (b) interview, dan (c) observasi. Sedangkan metode analisis datanya menggunakan metode Regresi Linier Berganda (Multiple Linear Regression) dan menggunakan teknik analisis Menghitung Koefisien Determinasi Berganda (R2), dan Menghitung Koefisien Determinasi Parsial (r2).
Hasil analisis data menggambarkan bahwa; (1) Pada analisis penyajian secara parsial atau uji-t diketahui untuk konstanta sebesar 1,323, sedangkan atribut kesejahteraan guru memiliki nilai 8,394, sanksi mempunyai nilai 5,522, ketegasan mempunyai nilai 8,111, tujuan dan kemampuan mempunyai nilai 6,555, teladan pimpinan (X5) mempunyai nilai 9,699 merupakan faktor dominan berpengaruh terhadap kinerja guru di SMPI Azzuhriyah, Batumarmar, Pamekasan. (2) Dari hasil pengujian simultan atau uji-F ini menunjukkan adanya pengaruh yang kuat secara serempak antara kelima variabel bebas dengan veriabel tergantung, dimana F hitung > F tabel yaitu 231,98442 > 2,394. (3) Hasil pengujian koefisien determinasi (R2) adalah sebesar 0,899637. Koefisien determinasi ini menunjukkan bahwa persamaan regresi telah menunjukkan sebesar 89,9637 %, berarti variabel bebas memberikan sumbangan yang kuat terhadap variabel terikat, sedangkan 10,0363 % adalah dari variabel lain.
Dengan demikian, dari hasil penelitian yang telah disimpulkan tadi bahwa: (1) Hipotesis yang pertama adalah variabel-variabel bebas yakni kesejahteraan guru, sanksi, ketegasan, tujuan dan kemampuan, dan teladan pimpinan, sangat berpengaruh terhadap kinerja guru SMPI Azzuhriyah, Batumarmar, Pamekasan terbukti benar; (2) Hipotesis kedua yaitu variabel teladan pimpinan merupakan faktor yang paling dominan pengaruhnya terhadap kinerja guru SMPI Azzuhriyah, Batumarmar, Pamekasan terbukti juga benar.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License