ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN PADA KSU BMT RAHMAT SYARI’AH SEMEN KEDIRI, MAGISTER MANAJEMEN, PASCASARJANA, UNISKA KEDIRI
Abstract
KSU BMT Rahmat Syariah Semen Kediri merupakan lembaga keuangan non bank yang menggunakan prinsip syariah. KSU BMT Rahmat Syariah Semen Kediri mempunyai tiga produk yaitu, produk pembiayaan, produk simpanan, produk jasa-jasa lainnya. Dari ketiga produk tersebut yang paling banyak anggotanya yaitu produk pembiayaan. Dalam pemasaran produk pembiayaan KSU BMT Rahmat Syariah Semen Kediri tidaklah mudah, maka diperlukan strategi pemasaran khusus untuk mendorong penjualan produk. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi pemasaran produk pembiayaan dengan rumusan masalah : 1. Strategi-strategi pemasaran produk pembiayaan pada KSU BMT Rahmat Syariah Semen Kediri, 2. Kelebihan dan kekurangan strategi pemasaran produk pembiayaan pada KSU BMT Rahmat Syariah Semen Kediri, 3. Upaya mengatasi kendala-kendala dalam memasarkan produk pembiayaan pada KSU BMT Rahmat Syariah Semen Kediri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu studi kasus. Dalam memperoleh data penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data ini, lebih bersifat deskriptif yang bertujuan untuk memberikan informasi tentang strategi pemasaran produk pembiayaan yang dipakai oleh KSU BMT Rahmat Syariah Semen Kediri. Sedang analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License