ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN PADA KSU BMT RAHMAT SYARI’AH SEMEN KEDIRI, MAGISTER MANAJEMEN, PASCASARJANA, UNISKA KEDIRI

  • Ririn Anggella Sari

Abstract

KSU  BMT  Rahmat  Syariah  Semen  Kediri  merupakan  lembaga  keuangan  non bank  yang  menggunakan  prinsip  syariah.  KSU  BMT  Rahmat  Syariah  Semen  Kediri mempunyai  tiga  produk  yaitu,  produk  pembiayaan,  produk  simpanan,  produk  jasa-jasa lainnya. Dari ketiga produk tersebut yang paling banyak anggotanya yaitu produk pembiayaan. Dalam pemasaran produk pembiayaan KSU BMT Rahmat Syariah Semen Kediri tidaklah mudah, maka diperlukan strategi pemasaran khusus untuk mendorong penjualan  produk.  Penelitian  ini  dilakukan  untuk  mengetahui  strategi  pemasaran produk pembiayaan dengan rumusan  masalah : 1. Strategi-strategi pemasaran produk pembiayaan pada KSU BMT Rahmat Syariah Semen Kediri, 2. Kelebihan dan kekurangan strategi pemasaran produk pembiayaan pada KSU BMT Rahmat Syariah Semen Kediri, 3.  Upaya  mengatasi  kendala-kendala  dalam  memasarkan  produk  pembiayaan  pada KSU BMT Rahmat Syariah Semen Kediri.


Penelitian  ini  menggunakan  pendekatan  kualitatif  dengan  jenis  penelitian  yang digunakan yaitu studi kasus. Dalam memperoleh data  penulis menggunakan metode wawancara,  observasi,  dan  dokumentasi.  Alat  pengumpulan  data  ini,  lebih  bersifat deskriptif  yang  bertujuan  untuk  memberikan  informasi  tentang  strategi  pemasaran produk  pembiayaan  yang  dipakai  oleh  KSU  BMT  Rahmat  Syariah  Semen  Kediri. Sedang analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Published
2020-01-04
How to Cite
SARI, Ririn Anggella. ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN PADA KSU BMT RAHMAT SYARI’AH SEMEN KEDIRI, MAGISTER MANAJEMEN, PASCASARJANA, UNISKA KEDIRI. REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen, [S.l.], v. 3, n. 4, p. 83-104, jan. 2020. ISSN 2657-1684. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/Revitalisasi/article/view/724>. Date accessed: 21 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.32503/revitalisasi.v3i4.724.