PENGARUH PELAYANAN DAN PEMAHAMAN MASYARAKAT TERHADAP KESADARAN MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KANTOR UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS PENDAPATAN PROVINSI JAWA TIMUR DI PROBOLINGGO

  • Wari Purwanto

Abstract

Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  Untuk  mengetahui  apakah  Pelayanan  (X1)  dan Pemahaman Masyarakat (X2) secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kesadaran Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendapatan Provinsi Jawa Timur Di Probolinggo (Y).


Dalam penyusunan penelitian ini digunakan beberapa metode dalam menganalisa data, antara lain : (1) Analisis Korelasi Berganda, (2) Analisis Regresi Linear Berganda, (3) Analisis Uji T, (4) Uji F. Perhitungan menggunakan program komputer, software SPSS (Statistical package and Social Science).


Berdasarkan pembahasan dan uraian permasalahan yang telah dijelaskan penelitim maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :



  1. Asumsi bebas  multikolinieritas,  asumsi  uji  normalitas,  dan  asumsi  uji heteroskedastisitas  setelah  dilakukan  perhitungan  terbukti  tidak  mengalami masalah.

  2. Ada Pengaruh  yang  signifikan  antara  Pelayanan  pajak  (X1)  Terhadap  Kesadaran Masyarakat  (Y)  pada  Kantor  Unit  Pelaksana  Teknis  Dinas  Pendapatan  Provinsi Jawa  Timur  Di  Probolinggo.  Koefisien  regresi  (Pengaruh) X1  terhadap  Y  sebasar 1,684 dengan tingkat signifikansi 0,006 menunjukkan bahwa Pelayanan pajak (X1)  terhadap Kesadaran Masyarakat (Y) mempunyai pengaruh yang sangat kuat dan signifikan. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah bahwa hipotesis 1 diterima secara signifikan.


Ada  Pengaruh  yang  signifikan  antara  Pemahaman  Masyarakat  (X2)  Terhadap Kesadaran  Masyarakat  (Y)  pada  Kantor  Unit  Pelaksana  Teknis  Dinas  Pendapatan Provinsi Jawa Timur Di Probolinggo. Koefisien regresi (Pengaruh) X2 terhadap Y sebasar 14,730 dengan tingkat signifikansi 0,000 menunjukkan bahwa Pemahaman Masyarakat (X2)  terhadap Kesadaran Masyarakat (Y) mempunyai pengaruh yang sangat kuat dan signifikan.  Kesimpulan  yang  dapat  ditarik  adalah  bahwa  hipotesis  1  diterima  secara signifikan.

Published
2020-01-04
How to Cite
PURWANTO, Wari. PENGARUH PELAYANAN DAN PEMAHAMAN MASYARAKAT TERHADAP KESADARAN MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KANTOR UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS PENDAPATAN PROVINSI JAWA TIMUR DI PROBOLINGGO. REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen, [S.l.], v. 3, n. 4, p. 51-66, jan. 2020. ISSN 2657-1684. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/Revitalisasi/article/view/722>. Date accessed: 21 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.32503/revitalisasi.v3i4.722.