Analisis Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Dengan Perilaku Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Penelitian komparatif produk skincare Wardah dan Emina di Kabupaten Tulungagung)

  • Vivian farani Agustine Magister Manajemen, Pascasarjana Universitas Islam Kadiri
  • Eka Askafi Magister Manajemen, Pascasarjana Universitas Islam Kadiri
  • Zulfia Rahmawati Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kadiri

Abstract

This study aims to determine the Influence of Brand Equity on Purchase Decisions through Consumer Behavior as an Intervening Variable. The study also aims to compare between Wardah Skincare Brand Equity and Emina Skincare Brand Equity whether there is a significant difference between the two skincare brands. This research is a type of quantitative research, with data collection techniques using questionnaires. And the data will be analyzed using the Path analysis method using the SmartPLS3 Application. The population in this study is Wardah Skincare and Emina Skincare Consumers in Tulungagung regency which is infinitely numerous. The sampling technique in this study is using the Accindental Sampling technique. The results of the study showed that Brand Equity had an effect on Consumer Behavior, Consumer Behavior had an influence on Purchase Decisions, Brand Equity had an effect on Purchase Decisions, so all hypotheses were accepted, and the indirect influence hypothesis showed significant value. The comparison between Wardah skincare Brand Equity is more beautiful than that of Emina skincare Brand Equity which can be proven in the results of the Outer model Convergent validity and Validity Discrimination tests.

References

Kotler keller, Ari Pramesta 2021, hal.110 “Definisi Perilaku Konsumen” Edisi ke Enam (6): penerbit Andi
kotler keller, Ari Pramesta 2021. Hal.194 “Konsumen dapat menilai produk yang sama dengan berbeda tergantung bagaimana pemerekan produk…...” Edisi ke Enam (6): penerbit Andi
Kotler keller, Ari Pramesta2021 edik, hal.196 “Pengertian Ekuitas Merek ekuitas merek” Edisi ke Enam (6): penerbit Andi
Fandy Tjiptono, 2011 “Pengertian Keputusan Pembelian Ke[putusan Pembelian” Penerbit Andi
https://www.youtube.com/watch?v=m1Fh2zvlCqQ Youtube Channel “Dr. Indrawan Nugraha” pada 25 April 2022 yang dimana pada Podcast tersebut menghadirkan CEO PT. Paragon Technlogy and Innovation.
Hengki Samudra ( Dosen STIE AMM Mataram) Ekuitas merek produk Kosmetik Wardah dan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Kota mataram Volume.13 Nomor.3 Juli 2016 344-348 Tahun 2016

Iis Nurlaila, Pengaruh Ekuitas Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah, Ejurnal Administrasi Bisnis Vol. 9 Nomor, 2 Tahun 2021

Sindiani; Sartika, S.H, Pengaruh Perluasan Merek Wardah terhadap Mahasiswa Universitas siliwangi Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Siliwangi Vol. 4 No. 1(325-332) 2023

Yolansia Zulfa Salsabila, Pengaruh Brand awareness, Brand association, dan Brand Equity terhadap Repurchase intention Pada Produk Emina Cosmetic E jurnal riset Manajemen Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisma

Risma Nurhaini Munthe, Resna Napitu, Rosita Manawari Simalungun Pengaruh Ekuitas Merek (Brand Equity) terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Skincare Wardah. Tahun 2021

Winna Algustin, Rindang Matoati, Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Minat Beli Ulang Produk Emina pada Generasi Z Jurnal Bisnis dan Ekonomi JBE Vol. 27, (1) : 1 – 12 Tahun 2020

Sugiyono 2021, , Metode penelitian Kuantitatif Kualitattif R&D Edisi ke 2 bandung Alfabeta

Sugiyono, 2012 Metode penelitian kuantitatif Pengertan Hipotesis Bandung Alfabeta

Sugiyono 2013, Pengertian Metode penelitian ex-post facto “ Bandung alfabeta
Sugiyono 2021.hal,04, “Statistik Untuk Penelitian Prof. Dr. Sugiyono” Bandung Alfabeta 2021
Gozali 2021, “Struktural Equation Modeling dengan metode Alternatif Partial Least Square (PLS) Edisi ke Lima (5) Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang
Published
2024-12-21
How to Cite
AGUSTINE, Vivian farani; ASKAFI, Eka; RAHMAWATI, Zulfia. Analisis Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Dengan Perilaku Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Penelitian komparatif produk skincare Wardah dan Emina di Kabupaten Tulungagung). REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen, [S.l.], v. 13, n. 2, p. 385-401, dec. 2024. ISSN 2657-1684. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/Revitalisasi/article/view/6454>. Date accessed: 25 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.32503/revitalisasi.v13i2.6454.