Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Skincare Skintific
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian produk skincare Skintific di kalangan mahasiswa STIE Nganjuk. Faktor-faktor yang diperiksa meliputi pemasaran media sosial, duta merek, dan harga. Metode penelitian kuantitatif digunakan, dengan data yang dikumpulkan melalui kuesioner. Populasi penelitian terdiri dari 223 mahasiswa, dari mana sampel 69 dipilih menggunakan teknik pengambilan sampel probabilitas. Hasilnya menunjukkan bahwa ketiga faktor tersebut secara signifikan memengaruhi keputusan pembelian. Pemasaran media sosial memiliki dampak penting melalui konten yang menarik dan interaktif, sementara duta merek memainkan peran penting dalam membangun citra positif dan membangun kepercayaan pada produk. Selain itu, harga terbukti menjadi faktor penting, dengan harga yang kompetitif dan keselarasan dengan kualitas produk menjadi pertimbangan utama bagi konsumen. Studi ini menyimpulkan bahwa pemasaran media sosial, duta merek, dan harga secara kolektif dan individu mempengaruhi keputusan pembelian produk perawatan kulit Skintific di kalangan mahasiswa STIE Nganjuk. Implikasi dari penelitian ini menyoroti pentingnya perusahaan untuk meningkatkan strategi pemasaran media sosial, memilih duta merek yang sesuai, dan menetapkan harga yang kompetitif untuk meningkatkan daya tarik produk di kalangan mahasiswa.
References
Angelyn, A., & Kodrat, D. S. (2021). The Effect of Social Media Marketing on Purchase Decision with Brand Awareness as Mediation on Haroo Table. International Journal of Review Management Business and Entrepreneurship (RMBE), 1(1), 16–24. https://doi.org/10.37715/rmbe.v1i1.1946
Anggraeni, R. (2020). Enhancing the Revisit Intention of Nature-Based Tourism in Indonesia: The Role of Memorable Tourism Experience and Satisfaction. Management and Business Research Quarterly.
Dedhy, P., Syarifah, H., & Rahmawati. (2018). Pengaruh harga kualitas produk dan citra merek BRAND IMAGE terhadap keputusan pembelian motor. KINERJA. https://doi.org/10.29264/jkin.v14i1.2445
Diawati, P., Putri, R. R., Sugesti, H., Hakim, L., & Farizki, R. (2021). Pengaruh brand ambassador dan viral marketing terhadap proses keputusan pembelian pada konsumen marketplace. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia),7(4),560. https://doi.org/10.29210/020211245
Firmansyah, A. (2019). BUKU PEMASARAN PRODUK DAN MEREK (Qiara Media). CV. Penerbit Qiara Media.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Justica, A., & Tri Lestari, M. (2021). Pengaruh Brand Ambassador NCT 127 Terhadap Brand Image Produk Nu Green Tea. eProceedings of Management.
Laoli, Y., & Hasan, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan Di Kota Bangkinang. 2.
M. Sidik Priadana, Denok Sunarsi. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif.
Mahardhika, M., & Arintowati, D. (2021). Keputusan Pembelian Ditinjau dari Promosi Menggunakan Media Sosial dan Word of Mouth Marketing. JURNAL NUSANTARA APLIKASI MANAJEMEN BISNIS, 6(2). https://doi.org/10.29407/nusamba.v6i2.16395
P. T. Mahendra and F. Fidiana, “ANALYSIS OF INVESTMENT DECISIONS THROUGH FINANCIAL LITERACY WITH FINANCIAL BEHAVIOR AS A MODERATING VARIABLE AT STUDENTS OF STIE NGANJUK,†Int. Conf. Bus. Soc. Sci., vol. 3, no. 1, 2024,
doi: 10.24034/icobuss.v3i1.383
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License