PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, KARAKTERISTIK INDIVIDU DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN YAYASAN NURUL HAYAT KEDIRI

  • Mad Damuri
  • Edy Suwasono
  • H.M Naim Musafik

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan gaya kepemimpinan, karakteristik individu, kompensasi dan  kinerja  karyawan, 2) Untuk  mendeskripsikan pengaruh gaya kepemimpinan, karakteristik individu, kompensasi secara simultan terhadap kinerja  karyawan, 3) Untuk  mendeskripsikan pengaruh gaya kepemimpinan, karakteristik individu, kompensasi secara parsial terhadap kinerja  karyawan, 4) Untuk menentukan variable yang paling dominan berpengaruh dari gaya kepemimpinan, karakteristik individu, dan kompensasi terhadap kinerja karyawan Yayasan Nurul Hayat Kediri.


Subjek dalam penelitian ini adalah Yayasan Nurul Hayat Kediri. Populasi yang digunakan sebanyak 30 orang. Metode penentuan  sampel yang digunakan  adalah total sampling/ sampling  jenuh,  sehingga  semua  populasi  digunakan  sebagai  sampel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.  Metode pengumpulan data  dilakukan  melalui membagikan kuisioner, dan dokumentasi.  Alat analisis yang  digunakan  adalah teknik regresi linier berganda dengan uji hipotesis t tes dan uji hipotesis F tes .


Hasil analisis dari uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis t tes dan uji hipotesis F tes menunjukan bahwa gaya kepemimpinan, karakteristik individu, dan kompensasi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja  karyawan dengan presentase sebesar 62,1%. Dari hasil uji hipotesis t test menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan, karakteristik individu, dan kompensasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja  karyawan dengan karakteristik individu menjadi yang paling dominan dengan nilai koefisien beta sebesar 0, 501 diikuti oleh kompensasi dan yang terakhir adalah gaya kepemimpinan.

Published
2019-05-28
How to Cite
DAMURI, Mad; SUWASONO, Edy; MUSAFIK, H.M Naim. PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, KARAKTERISTIK INDIVIDU DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN YAYASAN NURUL HAYAT KEDIRI. REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 13-24, may 2019. ISSN 2657-1684. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/Revitalisasi/article/view/522>. Date accessed: 05 may 2024. doi: https://doi.org/10.32503/revitalisasi.v6i2.522.