STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN LAYANAN DAN PENGEMBANGAN USAHA LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK RADIO REPUBLIK INDONESIA MADIUN DITENGAH DAYA SAING UNTUK PERLUASAN PASAR PENDENGAR

  • Dayati Dayati

Abstract

LPP RRI Madiun melakukan komunikasi pemasaran melalui Seksi Layanan dan Pengembangan Usaha dalam implementasi program strategi pemasaran merupakan tahapan proses atau langkah-langkah yang tidak dapat dipandang remeh, hal ini disebabkan sebagus apapun rencana strategi pemasaran yang dirancang sesuai dengan kondisi dan posisi persaingan radio penyiaran, maka bila proses komunikasi pemasaran tidak dijalankan secara efektif dan efisien pasar sasaran tidak tahu bahwa program yang dinginkan dan diminta pendengar beredar di perluasan pasar pendengarnya.


Dalam komunikasi pemasaran tidak saja sebagai alat untuk melakukan kontak hubungan dengan para konsumen dan calon konsumen, komunikasi pemasaran juga sebagai alat untuk menjamin dapat berhubungan dengan berbagai pihak yang berkepentingan terhadap suatu produk. Penggunaan media pada sebuah proses komunikasi perlu mempertimbangkan kemungkinan distorsi atau kendala-kendala yang muncul. Distorsi atau kendala dapat menyebabkan kondisi salah komunikasi, dimana pesan yang disampaikan oleh komuniksi dinggap gagal karena komunikasi memberikan reaksi yang berbeda dari yang diharapkan oleh komunikator. Hal tersebut bisa disebabkan oleh ragam perbedaan penafsiran  atas pesan yang disampaikan. Komunikasi pemasaran lebih menekankan pada pemenuhan secara langsung produk atau jasa yang diperlukan oleh konsumen.


Dalam perluasan pasar melalui melalui komunikasi pemasaran pada dasarnya merupakan penempatan misi perusahaan atau penetapan sasaran organisasi dengan penekanan pada kekuatan eksternal dan internal, perumusan kebijaksanaan dan strategi tertentu untuk mencapai sasaran dan memastikan implementasinya secara tepat, sehingga tujuan dan sasaran utama organisasi sebagai langkah perluasan pasar dapat tercapai. Kehumasan sebagai alat komunikasi pemasaran yang memadukan pelaksanaan program dan strategi pemasaran  dengan aktivitas program kerja Kehumasan, terdapat tiga strategi penting yang dapat dilakukan yaitu strategi mendorong, strategi menarik dan  strategi mempengaruhi.

Published
2019-05-28
How to Cite
DAYATI, Dayati. STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN LAYANAN DAN PENGEMBANGAN USAHA LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK RADIO REPUBLIK INDONESIA MADIUN DITENGAH DAYA SAING UNTUK PERLUASAN PASAR PENDENGAR. REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 31-39, may 2019. ISSN 2657-1684. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/Revitalisasi/article/view/514>. Date accessed: 21 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.32503/revitalisasi.v7i1.514.