HUBUNGAN PENGALAMAN, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP PRESTASI KERJA PEGAWAI DI KANTOR KECAMATAN BANDUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG
Abstract
Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui besarnya pengaruh pengalaman kerja, pendidikan dan latihan secara bersama-sama terhadap prestasi kerja pegawai di Kantor Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung. 2) Untuk mengetahui faktor manakah yang pengaruhnya dominan terhadap prestasi kerja pegawai Kantor Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung.
Yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai pada Kantor Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung yang jumlahnya 60 orang. Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kuantitatif karena mengarah pada metode survei.
Dari pengolahan dan analisis data, pengujian hipotesis, dan pembahasan hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Variabel kemampuan kerja yang terdiri dari pengalaman, pendidikan dan pelatihan secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap prestasi kerja karyawan di Kantor Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai F-hitung lebih besar daripada F-tabel pada kolom 3; baris 56; derajat signifikansi 0,05 (260,029 > 2,769) atau dengan melihat probabilitas kesalahan model sebesar 0,000 adalah lebih kecil dari nilai α = 0,05. Sehingga hipotesis pertama yang menduga kemampuan kerja karyawan yang terdiri dari pengalaman kerja , pendidikan dan pelatihan secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap prestasi kerja karyawan dapat terbukti. 2) Variabel pengalaman kerja merupakan variabel yang dominan pengaruhnya terhadap prestasi kerja karyawan di Kantor Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung, yaitu dengan melihat koefisien beta sebesar 0,542 atau mempunyai pengaruh sebesar 54,2% lebih besar dibandingkan dengan koefisien beta dua variabel lainnya yaitu pendidikan = 0,174 atau mempunyai pengaruh sebesar 17,4% dan pelatihan = 0,286 atau mempunyai pengaruh sebesar 28,6%.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License