PENGARUH BRAND EQUITY (EKUITAS MEREK) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE SAMSUNG ANDROID (Studis kasus Karyawan di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kadiri)

  • Jevti Novita Wati Universitas Islam Kadiri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas loyalitas merek, kesadaran merek, kualitas merek dan kesan merek terhadap keputusan pembelian handphone samsung android. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi variabel bebas yakni loyalitas merek (X1), kesadaran merek (X2), kualitas merek (X3) dan kesan merek (X4), sedangkan variabel terikatnya adalah keputusan pembelian (Y). Metode penelitian yang digunakan adalah model penelitian korelatif deskriptif dengan populasi karyawan fakultas ilmu kesehatan Universitas Kadiri dan populasi 73 responden. Dengan menggunakan instrumen berupa angket atau kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Bahwa (a) secara keseluruhan kondisi atau gambaran brand equity meliputi loyalitas merek, kesadaran merek, kualitas merek, dan kesan merek pada karyawan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kadiri berada pada posisi mendukung terhadap keputusan pembelian Handphone Samsung Android; (b) Gambaran keputusan pembelian terhadap Handphone Samsung Android pada karyawan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kadiri berada paada kondisi yang sangat baik dalam membentuk brand equity Handphone Samsung Android; (c) secara bersama (simultan) variabel bebas terdiri dari loyalitas merek (X1), kesadaran merek (X2), kualitas merek (X3), kesan merek (X4), berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian Handphone Samsung Android (Y) pada mahasiswa di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kadiri.


Variabel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi variabel bebas yakni loyalitas merek (X1), kesadaran merek (X2), kualitas merek (X3) dan kesan merek (X4), sedangkan variabel terikatnya adalah keputusan pembelian (Y). Metode penelitian yang digunakan adalah model penelitian korelatif deskriptif dengan populasi karyawan fakultas ilmu kesehatan Universitas Kadiri dan populasi 73 responden. Dengan menggunakan instrumen berupa angket atau kuesioner.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Bahwa (a) secara keseluruhan kondisi atau gambaran brand equity meliputi loyalitas merek, kesadaran merek, kualitas merek, dan kesan merek pada karyawan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kadiri berada pada posisi mendukung terhadap keputusan pembelian Handphone Samsung Android; (b) Gambaran keputusan pembelian terhadap Handphone Samsung Android pada karyawan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kadiri berada paada kondisi yang sangat baik dalam membentuk brand equity Handphone Samsung Android; (c) secara bersama (simultan) variabel bebas terdiri dari loyalitas merek (X1), kesadaran merek (X2), kualitas merek (X3), kesan merek (X4), berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian Handphone Samsung Android (Y) pada mahasiswa di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kadiri.

Published
2019-05-11
How to Cite
WATI, Jevti Novita. PENGARUH BRAND EQUITY (EKUITAS MEREK) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE SAMSUNG ANDROID (Studis kasus Karyawan di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kadiri). REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen, [S.l.], v. 5, n. 3, p. 74-80, may 2019. ISSN 2657-1684. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/Revitalisasi/article/view/481>. Date accessed: 21 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.32503/revitalisasi.v5i3.481.