KUALITAS KEPALA SEKOLAH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 1 KEDIRI

  • A. Hafidz Muzakki Universitas Islam Kadiri

Abstract

Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kemampuan kepala sekolah dalam meningkatkan pencapaian mutu pendidikan. Berangkat dari tujuan fokus penelitian ini dirumuskan bagaimana kualitas kepala sekolah serta bagaimana upaya yang dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidika.


Penelitian ini menekankan pada masalah proses, maka jenis penelitian dan strategi yang terbaik adalah penelitian kualitatif. Fokus penelitian ini kepada kepala sekolah serta mutu pendidikan di SMP Negeri 1 Kediri.


Pelaksanaan Kepemimpinan Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Kediri dilihat dari aspek pendidikan, pengalaman kerja, pengalaman organisasi, pengalaman jabatan dan penilaian kinerja kepala sekolah menunjukkan kemampuan saling mendukung dalam menjalankan tugasnya sebagai Kepala Sekolah


Kepala sekolah SMP Negeri 1 Kediri yang menunjukkan komitmen tinggi dan fokus terhadap pengembangan kurikulum dan kegiatan belajar mengajar di sekolahnya akan sangat memperhatikan tingkat kompetensi yang dimiliki gurunya, sekaligus berusaha memfasilitasi dan mendorong agar para guru dapat secara terus menerus meningkatkan kompetensinya, sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan efektif dan efisien.


Berdasarkan hal tersebut, penulis memperoleh beberapa catatan positif yang dapat disimpulkan yaitu bahwa : seorang kepala sekolah dalam menjalankan fungsinya sebagai pemimpin baik itu sebagai Edukator, Manajer, Administrator, Supervisor, Leader, Inovator dan Motivator dapat berjalan dengan baik dan berhasil baik perlu disertai dengan tekad, semangat, kompetensi/kemampuan diri, serta suatu keberanian untuk menggunakan kekuatan (Strength), menghadapi hambatan  (Weaknesses), memanfaatkan peluang (Opportunities), dan menghadapi tantangan (Threats), disamping itu harus memiliki kemampuan untuk menjalin hubungan dengan stakeholder yang ada.


Standar mutu pendidikan yang dikeluarkan oleh pemerintah tertuang dalam Permendiknas Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 35 bahwa Standar Nasional Pendidikan terdiri atas standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, standar penilaian pendidikan. Dalam pencapaian prestasi, sekolah membuat berbagai program yang dikemas melalui pembinaan dan kegiatan bersifat intra maupun ekstra kurikuler juga melalui bimbingan karier.

Published
2019-05-11
How to Cite
MUZAKKI, A. Hafidz. KUALITAS KEPALA SEKOLAH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 1 KEDIRI. REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen, [S.l.], v. 5, n. 3, p. 62-73, may 2019. ISSN 2657-1684. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/Revitalisasi/article/view/480>. Date accessed: 21 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.32503/revitalisasi.v5i3.480.