PENGARUH SERTIFIKASI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM AL AZHAAR TULUNGAGUNG
Abstract
Penelitian ini berjudul “ Pengaruh Sertifikasi dan Motivasi terhadap Kinerja Guru Lembaga Pendidikan Islam Al Azhaar Tulungagungâ€. Motivasi kerja merupakan salah satu hal yang mempengaruhi kinerja karyawan di sebuah perusahaan. Karyawan dengan motivasi kerja yang baik akan memiliki kinerja yang baik pula, sebaliknya karyawan dengan motivasi kerja yang rendah juga akan memiliki kinerja yang rendah dan akibatnya produktivitas kerja juga akan rendah. Perusahaan perlu mengadakan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan motivasi dan efektifitas kerja karyawan sehingga kinerja karyawan akan tetap baik. Sertifikasi dan Motivasi merupakan upaya yang dapat meningkatkan motivasi kerja karyawan sehingga kinerja mereka juga akan menjadi baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sertifikasi dan motivasi, baik secara simultan maupun parsial terhadap kinerja guru Lembaga Pendidikan Islam Al Azhaar Tulungagung setelah diberikannya sertifikasi dan motivasi serta untuk mengetahui variabel manakah yang lebih dominan antara sertfikasi dan motivasi.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif, yaitu bagaimana variabel – variabel yang diteliti menjelaskan objek yang diteliti melalui data survei yang dikumpulkan dan diolah dengan suatu analisa kualitatif yaitu dengan menggunakan skala likert. Sampel yang dijadikan responden survei dalam penelitian ini berjumlah 85 guru dari 150 guru. Pengambilan sampel tersebut sesuai dengan pedoman penentuan sampel yang dikemukakan oleh Roscoe, yaitu bahwa penentuan besarnya sampel penelitian yang dianggap representatif, jumlahnya harus lebih dari 30 dan lebih kecil dari 500. Data survei diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan SPSS dengan teknik analisis data regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa :
- Sertifikasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan sebesar 35,98% terhadap kinerja guru di Lembaga Pendidikan Islam Al Azhaar Tulungagung.
- Motivasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan sebesar 30,39% terhadap kinerja guru di Lembaga Pendidikan Islam Al Azhaar Tulungagung.
- Sertifikasi dan motivasi secara simultan berpengaruh sebesar 65,5% terhadap kinerja guru di Lembaga Pendidikan Islam Al Azhaar Tulungagung.
Sertifikasi merupakan variabel yang paling terhadap kinerja guru di Lembaga Pendidikan Islam Al Azhaar Tulungagung.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License