PENGARUH KEPEMIMPINAN, KOMUNIKASI, REWARD DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU SERTA KARYAWAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI REJOTANGAN TULUNGAGUNG
Abstract
Tujuan diadakannya penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui apakah kepemimpinan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dan karyawan; (2) Untuk mengetahui apakah komunikasi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dan karyawan; (3) Untuk mengetahui apakah reward mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dan karyawan; (4) Untuk mengetahui apakah motivasi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dan karyawan; dan (5) Untuk mengetahui apakah kepemimpinan, komunikasi, reward dan motivasi secara bersama-Âsama mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dan karyawan.
Obyek penelitian ini adalah Madrasah Aliyah Negeri Rejotangan Tulungagung dengan responden seluruh guru dan karyawan sebanyak 66 orang. Data penelitian diperoleh dengan teknik kuesioner, observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan uji F dan uji t untuk menguji hipotesis penelitian.
Kesimpulan dari hasil analisis adalah : : (1) Kepemimpinan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru serta karyawan; (2) Komunikasi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru serta karyawan; (3) Reward mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru serta karyawan; (4) Motivasi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru serta karyawan; (5) Kepemimpinan, komunikasi, reward, dan motivasi secara bersama-sama mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru serta karyawan. Besarnya kontribusi keempat variabel adalah 83,1%, sedangkan sisanya sebesar 16,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License