PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, BUDAYA KERJA, DAN KOMITMEN TERHADAP KEUNGGULAN SEKOLAH (STUDI PADA SMP NEGERI 2 JOMBANG)
Abstract
Salah satu alat ukur peningkatan kualitas pendidikan yang diselenggarakan oleh suatu lembaga pendidikan adalah terletak pada keunggulan sekolah itu sendiri. Dari pengertian di atas dapat diketahui bahwa keunggulan suatu sekolah dapat dilihat dan diukur dari berbagai unsur antara lain input siswa, sarpras, kurikulum, guru, kualitas lulusan. Sedangkan komponen yang mempengaruhi keunggulan suatu sekolah yaitu kepemimpinan kepala sekolah, budaya kerja dan komitmen terhadap keunggulan sekolah.
Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMP Negeri 2 Jombang dengan jumlah guru yaitu 60 orang, dan semua guru tersebut menjadi sampel dalam penelitian ini. Selanjutnya data diolah secara kuantitatif dilakukan dengan menggunakan software SPSS versi 24 for windows 2007 meliputi analisis deskriptif, korelatif dan regresi linier berganda.
Melalui analisis regresi linier berganda ditemukan bahwa konstanta sebesar 49,982, koefisien variabel kepemimpinan kepala sekolah (X1) sebesar 3,739, koefisien variable budaya organisasi (X2) sebesar 1,213 dan koefisien variabel Komitmen sebesar 3,492.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) Ada pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) terhadap Keunggulan Sekolah (Y). (2) Ada pengaruh Budaya Kerja (X2) terhadap Keunggulan Sekolah (Y). (3) Ada pengaruh Komitmen (X3) terhadap Keunggulan Sekolah (Y). (4) Ada pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1), Budaya Kerja (X2), dan Komitmen (X3) secara bersama-sama terhadap Keunggulan Sekolah (Y) pada SMP Negeri 2 Jombang. Hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan referensi dalam upaya menyusun berbagai kebijakan untuk meningkatkan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Kerja dan Komitmen untuk mewujudkan keunggulan sekolah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License