PENGARUH PELAYANAN SISTEM TERPADU SATU PINTU /ONE STOP SERVICE DAN KENYAMANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT KELURAHAN RINGINANOM KOTA KEDIRI

  • Eko Yuswantoro

Abstract

Tugas utama organisasi pemerintahan adalah melayani masyarakat, Kantor Kelurahan Ringin Anom menyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PPTSP) yang proses pengelolaannya di mulai dari tahap permohonan sampai ke tahap penerbitan ijin dokumen. Perumusan masalahnya adalah : (1) Apakah _ndica pelayanan _ndica terpadu satu pintu (one stop service) dan Kenyamanan berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat. (2) Manakah yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan masyarakat. Metode dalam penelitian ini dengan metode kwantitative dengan Variabel bebas (X1) Pelayanan system Satu Pintu/One Stop Service, (X2) Kenyamanan dalam pelayanan dan Variabel ( Y ) yaitu Kepuasan konsumen.


 Hasil penelitian ini, terdapat hubungan antara pengaruh Pelayanan One Stop Service terhadap Kepuasan masyarakat, yang membutuhkan Pelayanan One Stop Service. Dari hasil kuisener diketahui pada _ndicator X1.2. yaitu Kelengkapan Informasi, mendapat nilai koefisian korelasi pada pengujian validitas tentang informasi yang dihasilkan terdiri dari satu kesatuan informasi yang menyeluruh dan mencakup berbagai hal yang terkait didalamnya mendapatkan nilai sebesar  0,946 dan yang merupakan nilai yang tertinggi _ndicator di _ndicato X1.


Pada indicator X2.5. yaitu Peralatan yang digunakan petugas dalam Pelayanan, mendapat nilai koefisian korelasi pada pengujian validitas tentang penguasaan teknologi oleh petugas, Sebesar 0,959 yang merupakan nilai tertinggi yang diperoleh _ndicator di variebel X2.


Pada _ndicator Y.4. yaitu Ketepatan waktu pelayanan, mendapat nilai koefisian korelasi pada pengujian validitas tentang pelaksanaan pelayanan umum dapat diselesaikan sebesar 0,972. Yang merupakan nilai tertinggi yang diperoleh pada indicator di variebel Y.

Published
2019-02-27
How to Cite
YUSWANTORO, Eko. PENGARUH PELAYANAN SISTEM TERPADU SATU PINTU /ONE STOP SERVICE DAN KENYAMANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT KELURAHAN RINGINANOM KOTA KEDIRI. REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 38-42, feb. 2019. ISSN 2657-1684. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/Revitalisasi/article/view/396>. Date accessed: 21 dec. 2024.