PEMBERDAYAAN MASYARAKAT SEBAGAI UPAYA KEMANDIRIAN EKONOMI MELALUI BUDIDAYA IKAN HIAS (Studi Pada Agus Koi Farm Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar)

  • Agas Prasetyo Utomo Magister Manajemen Universitas Islam Kadiri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji fungsi dan kegunaan dari analisis hasil pemberdayaan masyarakat yang kaitannya dengan kemandirian ekonomi dalam budidaya ikan hias yang harapannya para masyarakat dan petani ikan hias bisa meningkatkan taraf hidupnya.


 Hasil penelitian ini diharapkan memberikan manfaat antara lain: (1) Bagi Agus Koi Farm, hasil penelitian ini merangsang untuk membiasakan diri selalu melakukan pemberdayaan masyarakat, agar petani semakin profesional menggeluti profesinya. (2) Bagi peneliti, penelitian ini diharapkan menjadi acuan pendukung. Selama ini sepengetahuan peneliti pemberdayaan masyarakat sebagai upaya kemandirian ekonomi melalui budidaya ikan hias masih belum banyak dilakukan oleh pihak-pihak swasta atau investor. (3) Bagi kelompok budidaya ikan hias, hasil penelitian ini diharapkan menjadi masukan penting guna mendorong partisipasi anggota dalam meningkatkan perekonomian mereka. (4) membuktikan bahwa pemberdayaan masyarakat sebagai upaya kemandirian ekonomi melalui budidaya ikan hias sangat dibutuhkan untuk bahan perbaikan.


 


Penelitian yang berpendekatan kualitatif ini menggunakan metode pendekatan deskriptif yaitu: penelitian dilakukan terhadap kejadian atau fenomena causal-efek (sebab-akibat) yang telah terjadi yang penyebabnya bukan karena adanya perlakukan/intervensi dari peneliti. Dalam metode ini subjek penelitian ini Agus Riyanto (Penasehat Blitar Koi Club dan Pendiri Agus Koi Farm) dan Joko (Petani ikan hias hias dan anggota Agus Koi Farm).


 Data penelitian ini menggunakan data sekunder yang diambil dari data Agus Koi Farm maupun instansi/lembaga terkait. Desain penelitian ini menggunakan studi lapangan merupakan desain penelitian yang mengombinasikan antara pencarian literatur (Literature Srudy), survei berdasarkan pengalaman atau hubungan antar variabel tersebut dalam suatu situasi permasalahan tertentu.


 Dari penelitian ini dihasilkan bahwa: (1) Proses pemberdayaan masyarakat sebagai upaya kemandirian ekonomi melalui budidaya ikan hias di Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar, masih belum merata dikarenakan belum ada turut serta peran dinas pemerintahan didalam memberikan sebuah wadah bagi para petani ikan hias, dan hanya beberapa club atau peternak besar yang memberikan distribusi kepada pada petani ikan dengan cara memberikan indukan. (2) Faktor yang menghambat pemberdayaan masyarakat sebagai upaya kemandirian ekonomi melalui budidaya ikan hias, yaitu adaya saluran pemasaran ikan koi di Kabupaten Blitar terdiri dari 3 (tiga) saluran pemasaran. Di tiga saluran pemasaran tersebut belum ada lembaga pemasaran khusus yang berfungsi untuk menstabilkan harga (3) Faktor yang mendukung pemberdayaan masyarakat sebagai upaya kemandirian ekonomi melalui budidaya ikan hias di Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar, adanya keterlibatan usaha kerjasama dengan pihak swasta dengan kredit atau bagi hasil dengan menyewakan lahan untuk digunakan sebagai wadah.

Published
2020-12-30
How to Cite
PRASETYO UTOMO, Agas. PEMBERDAYAAN MASYARAKAT SEBAGAI UPAYA KEMANDIRIAN EKONOMI MELALUI BUDIDAYA IKAN HIAS (Studi Pada Agus Koi Farm Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar). REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 267-277, dec. 2020. ISSN 2657-1684. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/Revitalisasi/article/view/1370>. Date accessed: 13 june 2021. doi: https://doi.org/10.32503/revitalisasi.v9i2.1370.
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times