POLA PEMBINAAN BANK INDONESIA TERHADAP UMKM DI KOTA KEDIRI

  • Dita Riyanto Putro Magister Manajemen, Universitas Islam Kadiri
  • Eka Askafi Magister Manajemen, Universitas Islam Kadiri

Abstract

Semenjak krisis moneter melanda bangsa Indonesia tepatnya pada tahun 1997/1998, rakyat mengalami guncangan yang sangat besar dari berbagai sektor baik ekonomi, sosial, dan budaya. Bank Indonesia Cabang Kota Kediri merupakan salah satu perusahaan BUMN yang membantu perkembangan UMKM di Kota Kediri pola pembinaan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi kolaborasi, pola pembinaan, dampak positif dan negatif dari pola pembinaan, hasil kinerja UMKM di Kota Kediri setelah mengikuti pola pembinaan antara Bank Indonesia Cabang Kediri dengan UMKM di Kota Kediri. Instrument dalam penelitian ini menggunakan pedoman wawancara yang dilakukan dengan observasi langsung terhadap subjek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan bahwa seluruh pihak terkait duduk bersama agar nantinya tidak ada kesalahpahaman antara semua pihak serta control yang jelas, pola pembinaan yang dilakukan oleh Bank Indonesia berupa pendampingan dan juga fisik dengan memberikan alat penunjang kegiatan produksi (alat tenun), dampak positif dan negatif dari pelaksanaan pola pembinaan yang dilaksanakan antara pihak Bank Indonesia Cabang Kediri dengan UMKM Perkumpulan Pengrajin Tenun Ikat Bandar Kidul Kota Kediri baik secara umum maupun secara khusus, Bank Indonesia Cabang Kediri menetapkan indikator keberhasilan bagi para pelaku UMKM agar pola pembinaan yang dijalankan dapat berjalan dengan baik dan bisa mengembangkan UMKM.

Published
2020-12-23
How to Cite
PUTRO, Dita Riyanto; ASKAFI, Eka. POLA PEMBINAAN BANK INDONESIA TERHADAP UMKM DI KOTA KEDIRI. REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 153-171, dec. 2020. ISSN 2657-1684. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/Revitalisasi/article/view/1356>. Date accessed: 21 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.32503/revitalisasi.v9i2.1356.